Mahasiswa KKN-PPM UBH Kenalkan Metode Belajar Sambil Bermain

Bermain sambil belajar
CENDANANEWS (Solok/Sumbar) – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mulai melaksanakan program pokoknya dengan memperkenalkan metode pembelajaran melalui media permainan.
Seperti program pokok yang dilaksanakan oleh Fitria Oulina Ali, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kabupaten Solok yang membuat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan Ular tangga Aljabar yang dilaksanakan di Jorong Pakan Jum’at dan Jorong Balai Oli.
“Kegiatan ini diperkenalkan bagi anak-anak di nagari tersebut. Selain itu juga Metode ini akan dikenalkan nanti kepada guru-guru di sekolah setelah liburan berakhir, agar para guru-guru tersebut bisa membuat alat peraga ini dengan soal-soal matematika lainnya,” sebutnya mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika ini.
Ia juga mengatakan pembelajaran dengan media bantu itu sangat mudah dibuat dan cukup menarik bagi anak-anak dalam memahami pelajaran matematika sambil belajar dan bermain.
“Metode ular tangga aljabar ini, awalnya pengenalan alat peraganya. alat peraga ini berupa papan ular tangga yang berisi soal-soal matematika hampir di setiap kotaknya. Permainan ular tangga aljabar ini hampir serupa dengan permainan ular tangga biasa. Mata dadu yang keluar pengganti variabel pada soal,” jelasnya.
Selain itu juga, Fifi Syahrustani mahasiswa KKN-PPM Univeristas Bung Hatta di Nagari Cupak Kabupaten Solok sudah melaksanakan program pokok pertamanya pada hari kedua dengan memberikan kegiatan pembelajaran membaca dengan metode menyusun kata-kata bagi anak-anak yang belum bisa membaca.
“Anak-anak disini sangat antusias sekali bahkan mereka juga meminta kami untuk datang lagi untuk mengajari mereka. Kegiatan ini tidak hanya sekali saja namun akan ada keberlanjutannya. Anak-anak ini akan diberi tugas dan tugas tersebut akan dibahas lagi pada hari berikutnya,” sebut mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Kemudian, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Talang, Kabupaten Solok mengadakan kegiatan Ceria Ramadhan (cerdas,riang,belajar di bulan Ramadan). Kegiatan ini merupakan kegiatan seperti memberi motivasi untuk meningkatkan semangat belajar buat pelajar sekolah dasar di Nagari Talang khususnya Jorong Koto Gaek yang menjadi program pokok bagi mahasiswa Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ekonomi, kemudian menjadi program bantu bagi lainnya yang berada di nagari tersebut.
Terdapat beberapa program pokok yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPM seperti metode pembelajaran bermain sambil berhitung menggunakan ular tangga dan berhitung cepat dengan jarimatika.oleh mahasiswa dari Pendidikan Matematika, pengenalan cara membuat Herbarium dan insectarium oleh mahasiswa Pendidikan Biologi, pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode movie english oleh mahasiswa Sastra Inggris , kegiatan mengasah otak anak berfikir aktif oleh mahasiswa PGSD dan pengenalan menabung diusia dini dari mahasiswa Akuntansi.
Widya Arnitha, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Talang menyebutkan disini para pelajar sekolah dasar tersebut mulai memudarnya motivasi untuk belajar sebab kegiatan bermain banyak dilakukan oleh pelajar tersebut.
“Kegiatan Ceria Ramadan ini mendapat dukungan dan perhatian yang serius dari para orang tua dari anak-anak SD yang berpatisipasi dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi daerah Jorong Koto Gaek Nagari Talang Kabupaten Solok terutama bagi pelajar SD karena minimnya kegiatan ramadan untuk anak-anak. Semoga kegiatan ini tetap berjalan dengan baik yang akan diadakan kembali setiap Rabu dan Jumat,” sebut mahasiswa jurusan Penddikan Matematika ini.
——————————————————-
KAMIS, 02 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...