Masjid YAMP Miftahul Jannah Lombok Tengah, Butuh Perbaikan

Masjid YAMP Miftahul Jannah, Leneng Praya, Kabupaten Lombok Tengah NTB
CENDANANEWS (Lombok) – Selain masjid As-Syuhada asrama TNI AD, Gebang Kota Mataram, masjid Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) bersejarah lainnya peninggalan Presiden Soeharto adalah masjid Miftahul Jannah, Leneng Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Nusa Tenggara Barat (NTB).
Dari sisi lokasi keberadaan masjid YAMP Miftahul Jannah, Leneng Praya sebenarnya tergolong cukup strategis, karena berdekatan lansung dengan jalan raya besar. Tidak jauh dari masjid, yaitu dibagian barat juga terdapat kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang beberapa bulan lalu telah diresmikan.
Jadi memang cukup strategis bisa diakses baik oleh masyarakat setempat maupun masyarakat luar yang hendak mampir shalat pada siang maupun malah hari. Namun demikian pada sebagian bangunan masjid memang kondisinya nampak tidak terawat, terutama pada bagian plapon dan langit-langit masjid yang nampak sudah rusak dan karatan.
Selain itu pada bagian genteng masjid yang menggunakan asbes juga sudah banyak yang bolong, karena dimakan usia.
H. Ahmad, Sekretaris pengurus masjid menyebutkan, kondisi YAMP Miftahul Jannah, Leneng Praya memang sudah sangat tua, sejak dibangun tahun 1996 dan memang tidak pernah ada perubahan dari bentuk maupun arsitektur bangunan, hanya pada beberapa bagian bangunan sekarang ini mulai dilakukan perbaikan.
“Dulu masjid ini sempat nganggur dan jarang dipakai, tapi sejak tahun 2011, yang dulunya tidak pernah dipakai shalat jum’at sekarang sudah mulai dimanfaatkan warga sekitar, karena banyaknya masjid di Praya, makanya kurang terurus” kata Ahmad di Lombok Tengah, Kamis (2/7/2015).
Ditambahkanya, meski bentuk dan arsitektur masjid tidak ada perubahan, namum pada beberapa bagian, seperti genteng diganti dengan yang baru, halamannya juga dipasangkan paping blok dan untuk plapon masjid yang lapuk rencananya akan mulai diperbaiki sehabis puasa.
Kini semenjak adanya pembangunan dan pelebaran jalan provinsi oleh Badan Jalan Nasional (BJN) masjid YAMP Miftahul Jannah yang berdiri di atas lahan seluas 35 hektarare tersebut mulai ramai oleh warga masyarakat, baik dari warga sekitar maupun warga lain yang hendak mampir untuk shalat setelah melakukan perjalan dari maupun yang hendak ke Kota Mataram.

——————————————————-
KAMIS, 02 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...