Masyarakat NTB Diminta Persiapkan Diri Hadapi MEA

Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin
MATARAM — Masyarakat diminta bisa mempersiapkan diri terutama dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), baik berupa kemampuan maupun membekali diri dengan keterampilan untuk menghadapi pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai 2016.
“Karena sudah pasti dengan adanya MEA, persaingan terbuka akan terjadi, kalau dari sisi SDM tidak disiapkan dengan baik, akan jadi kalah bersaing dari warga negara lain,” Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Amin di Mataram, Kamis (30/7/2015).
Amin optimis masyarakat sudah siap menghadapi era pasar bebas di ASEAN tersebut, karena secara psikologis dan regulasi, Pemda NTB terus menyiapkan diri menghadapi MEA. Masyarakat pun tidak ada alasan untuk tidak siap.
Ia menuturkan, pihaknya terus melakukan upaya pembenahan melalui seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada. Dimana, terus melakukan pengembangan produk lokal sehingga diharapkan bisa bersaing dengan produk asing dari sisi produksi maupun kualitas.
“Harapannya supaya NTB dalam pasar MEA bisa mengambil keuntungan dan bukan menjadi rugi. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan penguatan kapasitas tenaga kerja serta skill dari berbagai sektor,”katanya.
Amin mengatakan, praktek ekonomi ASEAN sudah berlangsung sejak lama namun rumusan tersebut baru dibahas kekinian. Dirinya optimis dengan adanya pasar MEA, NTB bisa banyak memberikan peran lebih.
KAMIS, 30 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...