Membeludaknya Pedagang di Pasar Timbulkan Persaingan tidak Sehat

Kesibukan warga nampak sedang berlansung di pasar Mandalika Kota Mataram
CENDANANEWS (Mataram) – Penataan dan membludaknya pedagang di beberapa pasar tradisional di Mataram menimbulkan beberapa masalah, diantaranya persaingan yang tidak sehat sesama pelaku pasar.
“Memang di semua pasar masalahnya zona losnya tidak rapi serta pedagang yang terus membludak. Kondisi itu menyebabkan persaingan antara pedagang menjadi tidak sehat,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) NTB, Husni Fahri di Mataram, Selasa (7/7/2015).
Menurutnya, kondisi pasar di 10 Kabupaten Kota hampir merata tidak rapi serta pedagang yang membludak. Oleh karena itu, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan DPD RI perwakilan NTB untuk membicarakan seputar penataan dan revitalisasi pasar tradisional di Kabupaten Kota.  
Ia menuturkan, tidak hanya menyangkut revitalisasi. Namun, ke depannya pengelolaan pasar tradisional harus dipegang oleh UPTD serta satu atap. Dimana, saat ini, Disperindag tengah melakukan ujicoba di pasar Kebon Roek dan pasar Mandalika.
“Pasar kita sudah mulai besar, dalam pikiran saya harus ada UPTD Pasar. Jadi yang mengelola pasar itu satu atap dari mulai kebersihannya, retribusinya tidak hanya cukup beberapa orang saja,” ungkapnya.
Husni mengatakan selama ini kewenangan pasar berada di Kabupaten/Kota. sehingga, pihaknya melakukan intervensi melalui penataan dan revitalisasi pasar. Dimana, anggaran yang disediakan untuk revitalisasi pasar pada tahun 2015 mencapai Rp 45 Miliar yang berasal dari DAK.
Menurutnya, berdasarkan usulan Kabupaten Kota maka pihaknya akan merekomendasikan pasar yang diprioritaskan untuk direvitalisasi. Diantaranya yang menjadi prioritas untuk dilakukan revitalisasi adalah di Bima, Lombok Timur dan Dompu.  Selain itu, banyak Kabupaten Kota yang sudah merevitalisasi pasar.
——————————————————-
SELASA, 07 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...