Menyambut Lebaran, Polres Malang Kota Gelar Apel Pasukan DALMAS

Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata saat memberikan arahan
CENDANANEWS (Malang) — Dalam rangka kelancaran pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2015 yang bertujuan untuk Pengamanan Idul Fitri 1436 H, Polres Malang Kota menggelar apel pasukan Pengendali Massa (DALMAS). Apel yang dipimpin Kepala Bagian Operasional Polres Malang Kota Kompol Sunardi Riyono ini juga di hadiri langsung oleh Kapolres Malang Kota AKBP Singgamata.
Sebelum apel pasukan di mulai, nampak Kapolres mengecek senjata dan memberikan arahan kepada pasukan cara memegang senjata yang benar agar terlihat selalu dalam posisi siaga. Dalam apel pasukan, Sunardi menuntut pasukannya untuk mengasah terus naluri Polisi yang ada dalam diri mereka. Dengan Naluri tersebut, diharapkan pasukannya bisa selalu waspada dan mampu mengenali gerak gerik seseorang yang mencurigakan yang berpotensi melakukan kejahatan, jelas Sunardi.
Ditemui seusai apel, AKBP Singgamata menjelaskan bahwa pengecekan senjata dan pengarahan yang Ia lakukan bertujuan untuk memastikan kesiapan dari pasukan kepolisian dalam rangka Operasi Ketupat. “Terdapat kurang lebih 20 personil Tim Pemukul dari pasukan Dalmas dengan senjata laras panjang yang kami sebar di beberapa tempat keramaian di Kota Malang, untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan,” jelasnya.
Dalam Operasi Ketupat, pasukannya di bekali dengan peluru tajam. “Saya juga menginstruksikan kepada pasukan untuk langsung menembak pelaku tindak kejahatan yang menyerang dan membahayakan masyarakat maupun petugas. Karena itu sudah diatur dalam peraturan Kapolri dan KUHP,” tegasnya. 
Namun begitu, Ia menegaskan jika tingkatan kejahatannya belum sampai membahayakan nyawa masyarakat maupun petugas, cukup dilumpuhkan dengan tangan kosong ataupun senjata tumpul, tambahnya.
Disebutkan, Menjelang Hari Raya Idul Fitri Polres Malang Kota sudah menyiapkan 6 pos pengamanan, 1 pos pelayanan serta 18 pos pemantau yang disebar di beberapa titik keramaian di Kota Malang, dengan 297 personil untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas saat lebaran.
Foto Apel Pasukan DALMAS Polres Malang Kota, Sabtu (11/7/2015)

—————————————————–
Sabtu, 11 Juli 2015
Jurnalis : Agus Nurchaliq
Foto : Agus Nurcholiq
Editor : Gani Khair
—————————————————–
Lihat juga...