Lebaran CDN

Panen Melimpah, Harga Cabai di Sejumlah Pasar Tradisional Murah

Ismawati pedagang cabai asal Kabupaten Lombok Timur saat menunggu cabainya di pasar Mandalika Kota Mataram
CENDANANEWS (Mataram) – Meski sudah memasuki minggu ketiga pelaksanaan ibadah puasa ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak mengalami kenaikan, melainkan cendrung menurun dari harga sebelumnya.
“Harga cabai sekarang murah, kalau sebelumnya harga cabai rawit satu kilo 21 ribu rupiah sekarang turun menjadi 19 sampi 18 ribu rupiah, kalau dihitung dengan biaya yang dikeluarkan jelas kita rugi” kata Ismawati, pedagang cabai asal Suralaga Kabupaten Lombok Timur (Lotim) di pasar Mandalika Mataram, Minggu (5/7/2015).
Menurutnya, turunnya harga kebutuhan pokok seperti cabai rawit dan tomat disebabkan karena hasil panen cabai musim sekarang cukup melimpah. Hal yang sama juga terjadi pada tomat, kalau sebelumnya harga tomat perkilonya 3 ribu rupiah turun drastis menjadi 1500 rupiah perkilo.
Penurunan harga juga terjadi pada kebutuhan pokok lain berupa bawang merah dan putih. Zaeron pedagang bawang asal Desa Pemepek, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengatakan kalau sebelumnya harga bawang merah dan putih 15 ribu perkilonya, sekarang turun menjadi 14 ribu.
“Harga-harga sekarang ini memang pada turun, meski begitu pembeli juga sepi, tidak seperti tahun kemarin, jangankan murah, harga mahal saja masyarakat yang datang berbelanja ke pasar tetap ramai, sekarang apa, kita hanya bisa gigit jari,”katanya.
Namun Zaero memprediksikan harga-harga sejumlah kebutuhan pokok seperti cabai, tomat, bawang merah dan putih termasuk harga kebutuhan pokok lainnya akan mengalami lonjakan beberapa hari mendekati lebaran.

——————————————————-
MINGGU, 05 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...