Pangdam Pattimura Ajak Masyarakat Hargai Toleransi Antar Umat Beragama

Mayjen TNI Wiyarto
CENDANANEWS (Ambon) — Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Wiyarto kepada wartawan di Ambon Jumat (10/7/2015), menghimbau atau mengajak seluruh masyarakat Provinsi Maluku untuk menghargai dan menghormati toleransi antar umat beragama.
Himbauan sekaligus ajakan positif ini disampaikan menyangkut dengan perayaan malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah /2015 Masehi.
Pangdam Pattimura ini meminta masyarakat agar tidak turun ke jalan, apalagi dengan melakukan konvoi kendaraan bermotor di jalan raya termasuk di Kota Ambon.
Menurut Pangdam, pelaksanaan Operasi Ketupat maupun malam takbiran, dirinya telah mengkoordinasikan hal ini dengan Kapolda termasuk Gubernur Maluku.
“Jadi tidak ada yang turun ke jalan. Sebaiknya takbiran dilaksanakan di mesjid-mesjid serta tempat yang telah disediakan atau ditentukan,” imbaunya.
Pangdam menyatakan, jika tidak ada masyarakat yang melakukan konvoi di jalan raya, otomatis lalu lintas kendaraan akan lebih terjamin juga aman dan lancar termasuk menghidari kecelakaan di jalan raya.
Pangdam juga meminta kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama saling menghargai dan menghormati dengan meningkatkan toleransi antar umat beragama.
Khususnya kepada umat Muslim di Maluku Pangdam menganjurkan agar lebih meningkatkan lagi ketaqwaan selama pelaksanaan bulan suci Ramadhan.
Lanjut Pangdam, pada Oktober 2015 akan ada perhelatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kota Ambon. Sehingga ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama mengsukseskan even Pesparawi tingkat nasional tersebut.
”Mari kita tunjukan kepada masyarakat luar bahwa di Ambon khususnya dan Maluku umumnya, adalah masyarakat yang humanis serta sangat menjunjung tinggi toleransi dan persaudaraan antar umat beragama,” tuturnya.
Menyangkut dengan keterlibatan personel TNI dalam pengamanan Idul Fitri, Pangdam menegaskan, seluruh TNI di Maluku maupun Maluku Utara, telah siap membantu kepolisian dan pemerintah daerah untuk menjaga keamanan di wilayah provinsi seribu pulau tersebut.
———————————————–
Sabtu, 11 Juli 2015
Jurnalis : Samad Vanath Sallatalohy
Editor : Gani Khair
———————————————–
Lihat juga...