Pasca Insiden Tolikara, Kapolres Tolikara Diganti.

Penandatanganan serah terima jabatan Kapolres Tolikara. Foto oleh Indrayadi T. Hatta

JAYAPURA—Diduga lalai dalam melaksanakan tugas, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tolikara, AKBP Soeroso dicopot dari jabatannya. Serah terima jabatan tersebut di pimpin Wakil Kepala Kepolisian Daerah (WaKapolda) Papua, Brigjen Pol.Rudolf Albert Rodja, Senin (27/07/2015).
Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Soeroso yang digantikan AKBP Musa Korwa sebagai pejabat baru Kapolres Tolikara berlangsung di Aula Rastra Samara Mapolda Papua. 
Wakapolda Papua, Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja mengatakan pergantian ini merupakan agenda rutin dalam organisasi Kepolisian. Disisi lain, lanjutnya, AKBP Soeroso sudah lama menjabat sebagai Kapolres Tolikara. Pihaknya membantah pergantian Kapolres Tolikara berkaitan dengan insiden di Kabupaten Tolikara.
“Beliau tidak salah, beliau sudah bekerja dengan baik. Beliau dipromosikan job mantap di Inspektur Bidang Operasional pada Inspektorat Pengawas Daerah Papua (Irbid Ops Itwasda), kami menghargai apa yang sudah dilakukan oleh beliau selama ini, mengelola Kamtibmas selama menjadi Kapollres,” kata Rudolf.
Kapolres Tolikara yang baru, dikatakan Rudolf, AKBP Musa Korwa yang sebelumnya duduk di salah satu Kasubdit pada Objek Vital Polda Papua, dianggap pantas menjabat jadi Kapolres.
Sementara itu, Juru Bicara Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin menambahkan bahwa AKBP Soeroso tercatat menjabat sebagai Kapolres Tolikara sejak September 2014 lalu. “Beliau telah menjabat selama setahun lebih sebagai Kapolres Tolikara,” kata Patrige. (Indrayadi T. Hatta)
Lihat juga...