PDAM Balikpapan Realisasikan 1.900 Pelanggan Baru

CENDANANEWS (Balikpapan) – Sebanyak 1.900 jaringan baru air bersih sudah dapat dinikamati masyarakat pada semester awal. Dan ditergetkan untuk tahun ini 4000 kepala keluarga menjadi pelanggan baru PDAM Balikpapan.
“Insyallah  sampai akhir tahun bisa kita tuntaskan 4000 sambungan baru. mudah-mudahan tidak jauh dari target kita,” kata Dirut PDAM Haidir Effendi, Kamis (23/7/2015).
Haidir Effendi
Haidir menjelaskan 4000 sambungan ini tersebar di wilayah Balikpapan yang terdiri dari 6 kecamatan. Sedangkan wilayah Balikpapan Barat terutama yang berbukit cukup terkendala karena selain tinggi, juga dipengaruhi ketersedian air. Disamping itu belum banyak servoir dan boster untuk kawasan berbukit. 
“Ada persyaratan teknis untuk bisa pasangan sambungan pipa kayak tekanan, elevasinya. Jangan sampai dipasang tapi isiinya hanya angin,” katanya.
Menurut Haidir, pemasangan sambungan baru sangat dipengaruhi ketersedian air baku. Selama ini pasokan utama masih mengandalkan air baku waduk Manggar.
Selain itu, Untuk pemasangan reservoir PDAM tengah menyelesaikan didaerah Sepinggan, Balikpapan Regency,  jalan Al Falah, SMA 4, dan  Taman sari.
Saat ini, jumlah pelanggan PDAM kota Balikpapan sudah mencapai 92 ribu KK atau 78 persen cakupan pelayanan air bersih. 
Sementara itu, salah satu warga Perum Taman Bukit Sari Yos berharap PDAM dapat segera masuk ke perumahannya karena selama ini pendistribusian air bersih melalui WTP milik developer tidak lancar. 
Ia mengatakan kini dikawasannya sudah masuk daftar tunggu pelanggan baru, dan akan direalisasikan tahun ini. “Sudah masuk daftar tunggu kata developer tinggal nunggu saja. Katanya setelah Lebaran,” sebutnya.
——————————————————-
KAMIS, 23 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...