Pedagang Kue Lebaran Panen Untung Saat Lebaran

CENDANANEWS (Lubuk Sikaping/Sumbar) – Panganan yang dihidangkan saat menyambut tamu menjadi lahan tersendiri bagi banyak pedagang, salah satunya pedagang kue di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).
Sejak mendekati hingga lebaran, pedagang bisa mendapatkan pemasukan hingga Rp 2.000.000. Seperti diungkapkan oleh pedagang kue lebaran, Aisyah (22) di Pasar Lama Lubuk Sikaping, Minggu (19/7/2015).
“Alhamdulillah banyak yang beli kue Lebaran. Sejak jelang lebaran hingga hari ini, semakin banyak yang beli kue,” ujar Aisyah .
Beragam kue kering untuk lebaran dijual Aisyah dengan harga yang beragam pula, yaitu berkisar antara Rp.20.000 hingga Rp.50.000 per setengah kilogramnya.
Ia mengatakan, kue yang paling banyak dibeli adalah kue semprit, kue bolu, kue kambang loyan dan kacang-kacangan yang ia jual dengan harga Rp30 ribu untuk setengah kilogram.
“Memang kue semprit agak sulit dibuat dan bahan-bahannya pun cukup banyak, sehingga lebih baik dibeli,” jelasnya.
Ia mengaku, kue-kue yang dijual bukanlah hasil buatannya sendiri, tetapi kue tersebut dipesan dari Bukittinggi, Pasaman, dan Bonjol.
“Saya tidak bisa membuat kue sebanyak ini sendiri, jadi saya memesannya dari teman dan sanak famili yang ada di daerah lain,” ujarnya.
Pedagang kue kering lainnya, Anit (19) juga mengaku mendapatkan penghasilan yang lumayan dari berjualan kue Lebaran ini, Ia mengatakan, baru menjual kue tersebut seminggu sebelum Lebaran, karena biasanya mendekati Lebaran baru banyak yang membeli kue.
“Kalau dibeli jauh-jauh hari sebelum Lebaran, takutnya kue tersebut sudah habis sebelum Lebaran,” pungkasnya.
——————————————————-
MINGGU, 19 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...