Pedagang Minta Pemerintah Selesaikan Persoalan TPS Pandansari

TPS pasar Pandansari [Foto: Ferry cahyanti]
BALIKPAPAN — Pasca terjadinya kebakaran pasar pada Februari 2015 lalu. beberapa pedagang berjualan di depan tangga masuk pasar. Hal tersebut disebabkan tempat penampungan sementara (TPS) yang dibangun pemerintah tidak digunakan. Dan beberapa alasannya karena pedagang mendapatkan posisi di belakang pasar. 
“Ya kalo dapat TPS dibelakang tidak ada pembelinya, karena pembelinya tidak mau ke belakang,” kata salah satu pedagang, Kasim di sela-sela aktivitasnya berjualan di pasar tradisional Pandansari, Rabu (29/7/2015).
Kasim meminta kepada Pemerintah dan Dinas pasar untuk mencari solusinya agar TPS yang sementara dimilikinya bisa digunakan dan pembeli juga bisa melihat dibagian belakang pasar Pandansari.
Ia berharap dengan kedatangan DPRD ke pasar Pandansari dapat mencarikan solusinya karena sudah melihat langsung persoalan pasar Pandansari.
Sementara itu, hari ini (29/7) Komisi II DPRD kota Balikpapan juga melakukan tinjauan ke TPS yang berada disisi parkir zona A dan Zona B bagian depan pasar Pandasari dan bagian belakang pasar Pandasari. 
Dari tinjauan itu, terungkap sebagian besar TPS yang berada di bagian belakang pasar tutup atau tidak ada aktifitas berjualan karena alasan sepinya pengunjung. Sedangkan TPS yang milik pemerintah kota yang berada dibagian depan pasar Pandasari diisi oleh pedagang. 
Dikesempatan yang sama, Kepala UPTD Pasar Pandasari, Ride menyebutkan, dari 387 petak yang terbakar diketahui petak yang aktif di pasar Pandasari hanya 124 TPS. 
Dinas pasar sejak awal puasa telah mendirikan 124 TPS yang nanti digunakan pedagang untuk berjualan sementara. Dari proses itu, terisi 108 pedagang dan tersisa 16 TPS yang masih kosong milik pemerintah kota. 
“Jadi ada 20 pedagang yang tidak menuntut TPS, kemudian dari proses itu kita akomodir 4 pedagang mendapat TPS sehingga sisa 16 TPS yang masih kosong. Nah yang kosong ini akan kita atur lagi siapa saja yang benar-benar berhak mendapatkan, nanti kita coba cepat selesaikan,” katanya.
(Ferry cahyanti)
Lihat juga...