Pelabuhan Semayang Balikpapan Mulai Dipadati Pemudik

Antrian pemudik yang membeli tiket

CENDANANEWS (Balikpapan) – Memasuki H-15 hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah arus mudik di Pelabuhan Semyang Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur mulai terlihat. Hal ini terbukti pemudik mulai memadati terminal penumpang Pelabuhan Semayang Balikpapan.
Salah satu pemudik, Andi mengatakan, mudik dilakukan tidak mendekati Lebaran agar tidak terlalu berdesak-desakan. Berdasarkan pengalamannya mudik didekat hari Lebaran terlalu padat. Karena itu dua minggu sebelum Lebaran dirinya sudah melakukan mudik. 
“Kami sengaja melakukan mudik jauh hari biar ga desak-desakan. Tiket kapal juga sudah beli jauh hari,” katanya disela-sela menunggu kapal berangkat, Kamis (2/7/2015) di Pelabuhan Semayang Balikpapan.
Andi mengaku akan mudik ke Surabaya selama dua minggu lebih dan akan kembali dua hari setelah Lebaran. Saat balik dari Surabaya pihaknya masih menggunakan kapal karena tarifnya lebih murah dari pesawat. 
“Tarif kapal-kapal dari dulu ga naik, kalo pesawat makin lama makin melambung harganya,” tandasnya.
Ranti salah satu pemudik di Pelabuhan Semayang juga mengatakan hal yang sama. “Mudik dilakukan jauh hari karena sekarang berbarengan dengan libur sekolah,” ucapnya sambil menggendong anaknya yang masih balita.
Ia mudik ke Makasar dari kota Samarinda bersama kedua anaknya. Kapal menjadi pilihannya setiap tahun untuk melakukan mudik setiap tahunnya, karena menurutnya transportasi mudik yang bisa dijangkau hanya kapal.
Ranti berharap perjalanan mudiknya lancar dan bisa berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

——————————————————-
KAMIS, 02 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...