Pemandian Batang Tabik Limapuluh Kota Ramai Pengunjung

CENDANANEWS (Limapuluh Kota/Sumbar) – Libur Lebaran benar-benar dimanfaatkan sebagian orang untuk menikmati waktunya di beberapa titik objek wisata. Salah satunya adalah di kawasan objek Pemandian Batang Tabik yang terletak di Kecamatan Sungai Kamuyang, Kabupaten Limapuluh Kota.
Sejak memasuki hari lebaran, tingkat kunjungan wisatawan meningkat berkali lipat dibanding hari biasa.
“Saat ini, dalam sehari pengunjung tembus hingga 3.200 orang perhari,” ujar pengelola, Syabirin, Selasa (21/7/2015).
Biasanya, ucap Syabirin, pengunjung rata-rata hanya berkisar 200 orang saja perhari. Itupun hanya berasal dari kawasan sekitar. Saat hari libur seperti Lebaran ini, menurut Syabirin kebanyakan pengujung berasal dari luar daerah seperti Bukittinggi, Tanah Datar, dan Sawahlunto.
Pemandian Batang Tabik memang terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Limapuluh Kota dan Tanah Datar sehingga gampang diakses,” Hal ini juga menjadi salah satu faktor kenapa pemandian ini dipadati pengunjung,” lanjutnya.
Dari pantauan di lapangan, terlihat ribuan pengunjung itu terpaksa antri menggunakan kolam renang berair sejuk ini karena padatnya aktifitas.
Agar lebih menciptakan suasana yang kondusif, pihak pengelola memberdayakan masyarakat sekitar untuk melayani pengunjung. Seperti pengaturan parkir maupun penyewaan perlengkapan berenang.
“Biasanya, kolam renang dibersihkan setiap 2 kali dalam seminggu, sekarang tiap hari dibersihkan, pemberian kaporit juga tetap dilakukan sesering mungkin,” kata Syabirin.
Syabirin memprediksi, tingkat kunjungan ini akan terus bertambah mengingat jadwal liburan yang masih lama. Selama Lebaran ini, pihaknya menetapkan tarif masuk sebesar 6000 rupiah untuk anak-anak dan 8000 rupiah untuk dewasa.
——————————————————-
SELASA, 21 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...