Pemda Masih Tarik Retribusi dari Korban Kebakaran Pasar Panorama Lembang.

Salah satu pedagang sedang “curhat” ke Ketum DPP IKAPPI, Abdullah Mansuri
LEMBANG — Pada hari Rabu (29/7/2015) Abdullah Mansuri, Ketua Umum DPP IKAPPI bersama rombongan melakukan kunjungan ke Pasar Panorama Lembang, Jawa Barat guna memantau secara langsung keadaan pedagang korban kebakaran. 
Sebagaimana pernah diberitakan oleh Cendana News bahwa Ia dan rombongan sudah pernah berkunjung ke pasar tersebut ketika kebakaran terjadi pada pertengahan bulan Mei lalu. (Baca berita selengkapnya : IKAPPI Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Panorama Lembang). 
“Kunjungan IKAPPI kali ini untuk memberikan penguatan, motivasi sekaligus mencari tahu sejauh mana Pemda melakukan langkah penyelamatan dan pemulihan kondisi pasar pasca kebakaran” jelas Mansuri. 
Terkait kebakaran Pasar Panorama Lembang, DPP IKAPPI merumuskan 9 rekomendasi. (Baca selengkapnya : Rekomendasi DPP IKAPPI Terkait Kebakaran Pasar Panorama Lembang). Tetapi IKAPPI menilai penanganan korban kebakaran oleh pemerintah setempat sangat lamban (baca selengkapnya : IKAPPI Sesalkan Lambannya Pemerintah Tangani Pasar Lembang)
Dan apa yang disampaikan IKAPPI sebelumnya tentang lambannya penanganan korban kebakaran, bisa disaksikan secara langsung ketika hari ini melakukan kunjungan. Mansuri menjelaskan bahwa para korban membuat kios secara swadaya pasar penampungan sementara di samping kios yang terbakar. 
Ketika Cendana News mengkonfirmasinya kepadanya, apakah kunjungan ini memang sudah menjadi salah satu agenda IKAPPI pada bulan ini, Ia menjelaskan “Kami segera datang kemari karena adanya laporan bahwa akan ada penggusuran PKL di sini. PKL yang saya maksud ya pedagang korban kebakaran yang membuat kios sementara di sekitar pasar ini” 
Ia sangat mengharapkan Bupati fokus pada pasar darurat seperti ini. Disamping itu Ia juga menegaskan agar tidak melibatkan investor dalam penanganan pasar yang mengalami kebakaran. 
“Jika akhirnya benar ada investor yang akan dilibatkan untuk mengembangkan dan mengelola pasar ini, maka asumsi bahwa pasar ini disabotase menjadi sangat kuat” tegas Mansuri. 
Kepada Cendana News, Ia menambahkan bahwa secara pribadi Ia telah menghubungi Sri Agustina, Dirjend. Perdagangan Dalam Negeri. “Beliau sampaikan ke saya untuk bantu. Jadi, tidak ada alasan bagi Pemda untuk menggunakan investor pada pembangunan Pasar Lembang” lanjut Mansuri.
Sebelum menutup percakapan, Mansuri menjelaskan, hasil temuan dari kunjungan hari ini yang paling tidak masuk akal adalah para pedagang korban kebakaran masih ditarik retribusi di pasar penampungan. 
“Dimana-mana, korban kebakaran akan memulai dari nol untuk berjuang, bagaimana bisa masih dimintai bayar kios dengan nilai yang sangat tinggi. Harusnya Pemda memiliki keberpihakan yang jelas kepada pedagang dengan membebaskan mereka dari biaya, atau minimal memberikan keringanan”.tutupnya. (29/7/2015. Sari Puspita Ayu)
Foto selengkapnya Kunjungan DPP IKAPPI ke Pasar Panorama Lembang
Sumber foto : Abdullah Mansuri

Lihat juga...