Pemilukada Mabar NTT, PKB Dikabarkan akan Cabut SK Pencalonan

Partai Kebangkitan Bangsa [net]
FLORES — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dikabarkan akan mencabut Surat Keputusan (SK) pencalonan salah satu paket Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah di Pemilukada Kabupaten Manggarai Barat. PKB akan melabuhkan keputusan untuk mengusung paket sebelumnya, Pranda-Padju.
“Soal PKB, pak tua sudah dapat kembali. PKB sudah mau beri kembali dukungan ke Pa Fidelis,” ungkap salah seorang loyalis Pranda-Padju, Kamis (30/07/2015) malam.
Sementara itu, dimintai konfirmasi Cendana News terkait hal ini, pihak KPUD Manggarai Barat belum memberikan tanggapan pasti. Ketua KPUD, Aventinus Jesman mengakui, belum waktunya memberikan penjelasan. 
“Tunggu nanti, hasilnya akan diberitahu kepada semua pihak,” ungkapnya melalui pesan singkat, Jumat (31/07/2015).
Sebelumnya, Selasa (28/07/2015), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai Barat telah menerima SK PKB Nomor 5392/DPP-03/VI/A.2/VII/2015 yang isinya mengusung pasangan Tobias Wanus-Fransiskus Sukmaniara (bukan Aloisius Basri seperti yang telah diberitakan sebelumnya) sebagai pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat Periode 2015-2020.
Munculnya SK ini, dikatakan, sekaligus mencabut kembali dukungan PKB yang sebelumnya telah diberikan kepada Pranda-Padju. Sontak hal tersebut pun langsung memantik reaksi kecewa massa pendukung Pranda-Padju. 
Kantor KPUD Manggarai Barat menjadi sasaran amarah massa karena SK PKB turut mempengaruhi pula keputusan lembaga penyelenggara pemilu tersebut untuk menolak pendaftaran pasangan Pranda-Padju.
Jesman mengakui, masalah ini telah sampai ke KPU Pusat. “Kami diminta untuk menerima pendaftaran sementara pasangan Pranda-Padju. Tapi belum ada keputusan, apakah memenuhi syarat pencalonan atau tidak. Kita tunggu saja suara KPU Pusat,” tuturnya, Kamis (30/07/2015). 
JUMAT, 31 Juli 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...