Pemilukada Surabaya, Hanya Satu Pasangan Bakal Calon yang Mendaftar

KPUD Surabaya [Foto: Charolin P]
SURABAYA — Hingga hari terakhir pendaftaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Surabaya, hanya satu pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali yang mendaftar, yakni paket Tri Rismaharini dan Wishnu Sakti Buana dari partai PDIP. Pendaftaran pasangan bakal calon dibuka dari 26 sampai 28 Juli 2015.
Menyikapi hal tersebut, KPUD Surabaya akan melakukan sosialisasi sesuai dengan PKPU No.12 tahun 2015 Pasal 89 ayat 1, apabila hanya terdapat satu pasangan yang terdaftar, maka KPU harus mengadakan sosialisasi baik ke publik maupun ke partai politik (parpol) pada tanggal 29-31 Juli.
Robian Arifin
“Kita membuka pendaftaran lagi pada tanggal 1 Agustus 2015 pukul 08.00 WIB hingga tanggal 3 Agustus 2015 pukul 16.00 WIB,” kata Ketua KPU Surabaya, Robian Arifin, Selasa (27/7/2015).
Jika nanti pada tanggal 1-3 Agustus tidak ada yang mendaftar, maka sesuai dengan PKPU No. 12 tahun 2015 memberikan solusi dengan pengunduran pilkada serentak.
Waktu pelaksanaan pengunduran sesuai dengan PKPU No. 8 Tahun 2015 bahwasanya pelaksanaan pilkada akan dilakukan pada tahun 2017.
“Keberhasilan pilkada tidak hanya tanggung jawab KPU saja. Tetapi juga dari kontestan gabungan dari partai politik dan masyarakat tentunya,” tegasnya.
Sementara itu, wakil DPC PDIP Surabaya, Didik Prasetyono mengungkapkan, akan mengajukan gugatan putusan KPU ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) berkenaan dengan kewenangan KPU yang dianggap melalui Undang-Undang (UU).
“Kami mendesak pemerintah terutama presiden agar membuat Perpu mengenai kekosongan PKPU No.8 tahun 2015,” Ujarnya.(Charolin Pebrianti)
Lihat juga...