Pemkab Kembangkan Empat Daerah Jadi Kawasan Strategis Pariwisata

CENDANANEWS (Kulon Progo) –  Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menetapkan 4 daerah menjadi kawasan strategis pariwisata daerah dan satu kawasan pengembangan pariwisata daerah.
“Pengembangan destinasi wisata ini disusun dalam Pengembangan Pariwisata 2015-2025,” Kata Kasie Usaha dan pemberdayaan Kepariwisataan Disbudparpora Kulon Progo Endah Supeni, di Gedung DPRD Kulon Progo, (7/7/15)
Disebutkan, Lima kawasan yang dikembangkan yakni, Kawasan Suroloyo-Sendangsono yang bertema budaya alam pegunungan dan desa wisata, dengan segmen wisatawan minat khusus. 
Kedua Kawasan Sermo-Clereng-Wates bertema alam tirta, perkotaan, desa wisata dengan segmen wisatawan minat khusus.
Ketiga yakni Kawasan Pasir Mendit-Glagah-Trisik bertema wisata alam, pantai, dan konservasi dengan segmen wisatawan massal.
Keempat, Kawasan Kiskendo-Kelir bertema alam, budaya, dan desa wisata dengan segmen wisata minat khusus. 
Kelima, Kawasan Sentolo-Sidorejo bertema desa wisata dan industri kreatif dengan segmen wisatawan minat khusus.
Semua kawasan ini sudah ada dan berjalan,untuk itu di jadikan Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSPD). Suroloyo-Sendangsono selama ini sudah di kenal sebagai kawasan ziarah umat Katolik, pengembangkan nya di tambah kawasan tracking Samigaluh-Suroloyo.  Dengan potensi pemandangan alam desa wisata berbasis keramahan dan kearifan lokal masyarakat.
Sedangkan untuk pengembangkan desa agro wisata berbasis potensi alam dan perkebunan durian. Di khususkan untuk desa Banjaroyo,Purwoharjo dan Sidoharjo terdukung oleh alam nya yang pegunungan.
——————————————————-
RABU, 08 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...