Pemprov Sumbar Larang PNS Pakai Mobnas Untuk Mudik

CENDANANEWS (Padang) – Kebijakan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Yuddy Chrisnandi memberi izin kepada para pegawai negeri sipil menggunakan kendaraan dinasnya untuk dipakai mudik Lebaran disambut beragam oleh berbagai daerah di Indonesia. 
Sumatera Barat (Sumbar) enggan mengikuti aturan menteriJokowi tersebut. Menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah provinsi itu dilarang memakai mobil dinas untuk mudik Lebaran.
“Sudah ada Peraturan Gubernur soal mobil dinas sejak era Gubernur Gamawan Fauzi, aturannya jelas mobil dinas dilarang digunakan untuk keperluan pribadi,” ujar Irwan pada wartawan, Jum’at (3/7/2015) siang seusai melaksanakan Sholat Jum’at.
Pelarangan itu sesuai dengan aturan yang disampaikan Komisi Pemberantasan Korupsi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
“Oleh sebab itu pegawai dilarang membawa mobil dinas untuk mudik Lebaran,” lanjutnya.
Ia mengatakan aturannya sudah jelas tidak boleh, sehingga tinggal dilaksanakan oleh para PNS. 
Hal yang hampir sama juga datang dari Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumbar, Adel Wahidi. Dia mendukung sikap Gubernur Sumbar yang melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik.
“Dari segi prinsip pemakaian mobil dinas hanya untuk urusan dinas bukan untuk kepentingan lain apalagi mudik Lebaran,” ujar Adel.
Ia mengatakan aturan sudah jelas aset negara tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi karena prinsip pengunaanya sudah jelas yaitu keperluan pekerjaan. Kepada masyarakat Ombudsman mengimbau untuk ikut bersama-sama mengawasi hal ini.
Ia mengakui selama ini sejumlah kalangan sudah terbiasa memakai aset negara untuk kepentingan pribadi dan sudah saatnya kebiasaan itu ditinggalkan.
“Mari sekuat tenaga mencoba tidak lagi pakai aset negara untuk keperluan pribadi, kalau ada langsung laporkan saja” pungkasnya.
——————————————————-
JUMAT, 03 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...