Pemudik Pejalan Kaki Mulai Memadati Bakauheni


CENDANANEWS (Lampung) — Arus penumpang dalam angkutan mudik jelang Lebaran Idhul Fitri 1436 Hijriyah terlihat mulai memadati pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Provinsi Lampung.
Menurut General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan(ASDP)  Indonesia Ferry kantor cabang Bakauheni Tommy L Kaunang pada H-6 kondisi penumpang pejalan kaki mengalami kenaikan sekitar naik 4 persen dibanding angkutan lebaran tahun lalu. Diprediksi pada H-3 akan terjadi kenaikan jumlah penumpang baik pejalan kaki maupun kendaraan.
Selama arus mudik ini ungkap Tommy L Kaunang Pelabuhan Bakauheni sementara akan sibuk dengan penumpang pejalan kaki, kendaraan yang turun dari Kapal Roll On Roll Off (Roro) dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

“Selama arus mudik seperti biasanya kendaraan, penumpang pejalan kaki masih banyak yang berasal dari Pulau Jawa meskipun banyak juga yang dari Sumatera menuju Jawa,” ungkap Tommy saat diwawancarai media Cendana News di kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Sabtu (11/7/2015).
Meskipun masih menerima tumpahan arus mudik namun PT. ASDP Cabang Bakauheni saat ini telah menyiapkan fasilitas gangway dua jalur, ruang penumpang seperti bandara, lokasi istirahat serta fasilitas pendukung lainnya.
“Kalau kita lihat pejalan kaki mulai berdatangan namun secara berangsur angsur dan belum mengalami penumpukan baik di gangway maupun di terminal kedatangan pelabuhan,” terang pria asal Sulawesi Tengah tersebut.
Dari data produksi angkutan Lebaran tahun 2015 (1436 H) jumlah penumpang pejalan kaki yang menyeberang menggunakan kapal Roro dari pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak hingga siang mencapai 1.967 orang, Roda dua mencapai 481 kendaraan, roda empat mencapai 3.179 unit sementara bus mencapai 440 unit.
Dari data hari ini PT. ASDP Bakauheni mengoperasikan sebanyak 27 kapal yang diopersikan dengan rata-rata sebanyak 98 trip per hari. Sementara kapal yang tak beroperasi sebanyak 40 kapal. Dari sekitar tujuh dermaga kapal-kapal yang bersandar diantaranya Dermaga I sebanyak 6 kapal, Dermaga II 6 kapal, Dermaga III 6 kapal, Dermaga V 5 kapal, Plengsengan 4 kapal.
Beberapa dermaga di Pelabuhan Bakauheni pun mulai terlihat memgalami kepadatan kendaraan berbagai jenis yang akan menyeberang dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa.
Sementara itu di Pelabuhan Merak Banten  selama tiga hari terakhir terjadi lonjakan jumlah penumpang sebanyak 20 persen. Penumpang yang datang ke Terminal Merak dan hendak menyeberang ke Pulau Sumatera kebanyakan berasal dari Jakarta dan sejumlah daerah di sekitarnya.
Menurut salah satu petugas sudah beberapa hari terakhir penumpang yang datang mau menyeberang mulai meningkat. Keramaian arus mudik rata-rata terjadi  pada  malam hari.

———————————————————
Minggu, 12 Juli 2015
Jurnalis : Henk Widi
Foto : Henk Widi
Editor : Gani Khair
———————————————————
Lihat juga...