hut

Pemudik Pilih Perjalanan Malam Hari dan Menginap di Bakauheni

CENDANANEWS (Lampung) – Arus mudik angkutan mudik H-1 Lebaran 1436 Hijriyah masih terus berlangsung di Pelabuhan Bakauheni Lampung dari Pelabuhan Merak Banten. Sebagian besar pemudik memilih melakukan perjalanan malam hari dari Pulau Jawa dan sampai di Pelabuhan Bakauheni saat dini hari.
Kebiasaan pemudik baik pemudik pejalan kaki, pemudik kendaraan roda dua tersebut dibenarkan oleh manager operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT ASDP) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto. Memilih melakukan mudik di malam hari dilakukan karena cuaca yang tidak panas.
Selain pemudik pejalan kaki, ratusan pemudik menggunakan kendaraan roda dua juga memilih melakukan perjalanan malam hari untuk lebih nyaman. Dari pantauan CND sebagian besar kapal roll on Roll off(Roro) selalu dipenuhi lebih dari 200 kendaraan roda dua yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni.
“Karenanya kami menyediakan fasilitas ruang istirahat yang bisa digunakan untuk para pemudik yang sampai di Pelabuhan Bakauheni dini hari,”ujar Heru Purwanto kepada media CND Kamis (16/7/2015).
Selain menyediakan fasilitas istirahat, di ruang tunggu atas dan ruang tunggu bawah juga disiapkan fasilitas air minum gratis, gula, kopi dan teh yang diberikan untuk para pemudik pejalan kaki. 
Sementara itu pemudik pejalan kaki, Isroni (35) asal Lampung Tengah mengaku memilih mudik malam hari karena cuaca malam hari lebih nyaman apalagi dirinya sedang menjalankan ibadah puasa. Sesampainya di Bakauheni ia mengaku tak langsung melanjutkan perjalanan namun tetap berada di Bakauheni saat menunggu siang hari.
“Daripada menunggu di kendaraan dan masih malam mending menginap dan di sini banyak petugas keamanan dari polisi sehingga lebih nyaman,”ujar Isroni.
Sebelumnya Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong menjamin pemudik untuk tidak takut melakukan perjalanan malam hari. Keamanan pemudik baik pemudik menggunakan kendaraan roda dua, pejalan kaki dijamin dengan adanya fasilitas pos keamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) yang berada di semua titik rawan di wilayah hukum Polda Lampung.
Kapolda Lampung
“Semuanya sudah diamankan dan pemudik tak perlu kuatir untuk melakukan perjalanan pada malam hari karena anggota polisi berjaga selama 24 jam selama arus mudik,”ujarnya.
Kapolda Lampung juga berkesempatan meninjau persiapan arus balik sesudah lebaran. Ia meninjau beberapa fasilitas pelabuhan Bakauheni diantaranya pos pelayanan Polri yang memiliki fasilitas CCTV dari semua titik di Lampung serta titik di jalur mudik nasional.
Dari data posko lebaran tahun 2015 yang diterima CND dari pelabuhan Bakauheni hingga H- 2 tadi malam sudah diseberangkan sebanyak 381.845 orang pemudik pejalan kaki dan di dalam kendaraan,8.141 kendaraan roda dua, 4.364 kendaraan pribadi,bus 5.211 unit.
——————————————————-
KAMIS, 16 Juli 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...