Pendapatan Kulon Progo dari Retribusi Wisata Meningkat Tajam

Waduk Sermo Kulon Progo [Foto: Mohammad Natsir]
KULON PROGO — Pendapatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dari retribusi objek wisata pada libur Lebaran 2015 meningkat tajam jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tercatat peningkatan mencapai 51,4 persen dari Rp.280 juta di 2014 menjadi Rp.424,10 juta di 2015.
Dan Pendapatan retribusi obyek wisata saat libur Lebaran 2015 tersebut melampaui dari yang ditargetkan sebesar Rp.300 juta.
“Pendapatan retribusi paling banyak disumbang Pantai Glagah sebesar Rp.333,550 juta atau 75 persennya,” kata Kasi Objek dan Sarana Prasarana Disbudparpora Kulon Progo, Kuat Tri Utama, Selasa (28/7/2015).
Kuat Tri Utama membeberkan, rincian pendapatan retribusi setiap obyek wisata yakni Pantai Glagah Rp.333,550 juta, Trisik Rp.10,677 juta, Sermo Rp.39,372 juta, Pantai Congot Rp.47,342 juta, Gua Kiskendo Rp.11,1 juta dan Suroloyo Rp.9,923 juta.
        
Kuat menambahkan, obyek wisata yang jumlah pengunjung mengalami peningkatan drastis yakni Kalibiru dan Gua Kiskendo. Jumlah kunjungannya sangat tinggi. Apalagi, ditunjang dengan pertunjukan Sendratari Sugriwo – Subali.
Selain itu, peningkatan kunjungan wisatawan di objek wisata Bukit Menoreh dikarenakan infrastruktur jalan yang sudah bagus. 
        
“Faktor lain yakni penggunaan media sosial atau jejaring sosial serta peran media yang sangat membantu promosikan objek wisata, khususnya yang ada di Perbukitan Menoreh,” ujar Kuat Tri Utama. 
Disebutkan, selama libur lebaran tidak ada kejadian apa-apa, baik kecelakaan laut atau kecelakaan lalu lintas di objek wisata. Angka kecelakaan selama libur lebaran di objek wisata, nol kejadian. 
Hal ini tidak terlepas dari peran aktif dari Kepolisian Resor Kulon Progo, polsek, Tim SAR dan pengelola obyek wisata. Selain itu, arus lalu lintas di obyek wisata ramai lancar dengan adanya kesiapaan para petugas, dan kerjasama semua pihak.
Bendahara Disbudparpora Kulon Progo, Ruri Atmini Retno menambahkan, tingginya pendapatan retribusi objek wisata pada libur Lebaran 2015 tidak terlepas dari meningkatkan jumlah kunjungan wisata di obyek wisata Bukit Menoreh seperti Kalibiru, Sermo, Suroloyo, Gua Kiskenro, Kebun Teh Nglinggo dan Tritis.
      
“Ada pergeseran kunjungan wisata dari wisata laut ke wisata alam perbukitan, sehingga mendongkrak peningkatan retribusi,” kata Ruri.(Mohammad Natsir)
Lihat juga...