Perbaikan Jalan Longsor Loa Janan – Tenggarong Butuh Rp.90 Miliar

CENDANANEWS (Balikpapan) – Perbaikan Jalan Loa Janan – Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara provinsi Kalimantan Timur yang longsor akibat proses scouring pada 15 Juli 2015 diperkirankan memakan biaya Rp.90 miliar.
Kepala Satuan Kerja Wilayah I Kaltim Kementrian Pekerjaan Umum Budi Leksono menjelaskan, perbaikan jalan akan diawali dengan perkuatan tepian sungai dengan memasang Sheet Pile atau turap. Dikatakannnya, hal tersebut harus segera dilakukan, mengingat abrasi diprediksi masih bisa meluas.
Untuk itu pihaknya bersama instansi terkait bergerak cepat agar penyambungan jalan tersebut bisa segera dilaksanakan, di antaranya dengan mengusulkan pendanaan melalui APBN.
“Biaya yang diperlukan diperkirakan sekitar 90 miliar rupiah, yaitu dari APBN dan APBD Provinsi Kaltim,” ujarnya.
Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), telah memasang rambu-rambu petunjuk jalan alternatif, di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kukar, Kalimantan Timur.
Rambu-rambu yang dipasang terdapat enam plang dimana masing-masing tiga plang petunjuk arah ke kota Samarinda dan kabupaten Kutai Kartanegara – Tenggarong. Pemasangan rambu-rambu lalu linta ini ini dilakukan untuk  menghindari tersesatnya pengendara dan terjadinya kecelakaan. 
Putusnya jalan yang menghubungkan Loa Janan dan Tenggarong membuat lalu lintas pengendara dialihkan melewati jalan hauling milik PT. Anugerah Bara Kaltim (ABK) yang masih aktif melakukan eksplorasi batu bara.
——————————————————-
JUMAT, 24 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...