Pertengahan Ramadhan, Pengiriman Paket Meningkat 30 Persen

BALIKPAPAN – Memasuki minggu kedua bulan Ramadan, volume pengiriman barang melalui jasa pengiriman paket meningkat hingga 30 persen dari regular. PT Kantor cabang Balikpapan mengaku pengiriman barang naik hingga 30 persen dari biasa.

“Sekarang pengiriman barang ke luar daerah mulai menanjak, bahkan naik hingga 30 persen,” Kepala Kantor Cabang, Lili Ariyanto.

Lili menyebutkan barang datang naik 40 persen sedangkan kiriman naik 30 persen. Saat kondisi normal, volume barang datang dan kiriman masing-masing secara berurutan 6 ton dan 3 ton dengan tujuan dan pengiriman dari pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

“ Biasanya kalo normal barang datang dan pengiriman masing 6 ton dan 3 ton,” ucap Lili ditemui diruang kerjanya, Rabu (1/7/2015).

Tidak hanya meningkatnya pengiriman barang volume kiriman uang melalui Wesel Pos Instant milik PT Pos Indonesia (Persero) juga mulai meningkat. “Kenaikannya diprediksi 40 persen,” tuturnya.

Pada periode Ramadan tahun lalu, total kiriman uang mencapai Rp27 miliar. “Tahun ini minimal sama dengan tahun lalu,” katanya.

Meningkatnya datang dan pengiriman barang ini juga diakui jasa kurir dan logistik JNE Express Across Nations. Branch Manager Jose Junior menyebutkan peningkatan mencapai 20 persen padahal Ramadan baru masuk hari ke-12. “Kalau lihat trennya, peningkatannya bisa mencapai 45 persen sampai akhir Ramadan nanti,” jabarnya.

Naiknya barang datang diikuti dengan volume pengiriman barang. Namun presentase barang masuk lebih besar. “ Konsumen perorangan mendominasi kiriman berisi pakaian, makanan, dan kebutuhan lain selama Ramadan maupun perlengkapan lebaran,” pungkasnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan barang kiriman dan barang masuk, pihaknya menyiapkan armada tambahan. 6 unit kendaraan roda 4 sedangkan kendaraan roda 2 disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, dia memprediksi, akan terjadi penurunan angka kiriman saat menjelang lebaran. Tepatnya H-4 mendatang karena masyarakat sudah disibukkan dengan persiapan lebaran dan mereka sudah memprediksikan barang tidak sampai pada tepat waktu.

——————————————————-
RABU, 01 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Fotografer : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-

Lihat juga...