PMI DIY Siagakan Petugas dan Ambulan di 21 Titik Operasi Ketupat

CENDANANEWS (Yogyakarta) – Dalam operasi Ketupat 2015, Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 21 Pos Komando Siaga Lebaran 2015 beserta 21 ambulans di sepanjang jalur mudik di daerah mulai 10-24 Juli 2015.
“Berkaitan dengan perlunya pertolongan pertama untuk para pemudik yang kemungkinan mengalami kecelakaan, kami menyiapkan 21 pos komando dengan melibatkan seluruh PMI se-DIY,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Warjiyani kepada media, Jumat (10/7/2015).
Posko siaga yang dimulai pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2015 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY dan kabupaten/kota, kepolisian, Dinas Perhubungan, pemadam kebaran serta Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI).
Posko tersebut akan melibatkan relawan, perawat, dan dokter yang akan siaga bersama dengan Balai Pengobatan 24 jam PMI DIY.
Salah seorang relawan, Warjiyani yang disiagakan sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan pertolongan pertama pada kecelakaan, sementara ambulans sesuai dengan durasi waktu yang bervariasi dari masing-masing PMI kabupaten kota.
Ia menyebutkan, 21 posko siaga PMI itu antara lain lima posko dari PMI Kota Yogyakarta yang akan didirikan di Terminal Giwangan, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan dan Kebun Binatang Gembira Loka, dan Markas PMI Kota Yogyakarta.
PMI Kabupaten Sleman menyiapkan posko di enam titik yakni yakni di Markas PMI Sleman, Terminal Jombor, Pos Tempel, Pos Pakem, Prambanan, dan Depok.
PMI Kabupaten Bantul akan membuka posko di tiga lokasi yakni Markas PMI Bantul, Pos Madukismo, Pos Gabusan.
PMI Kabupaten Kulon Progo menyiapkan posko di tiga titik yaitu di Markas PMI Kulon Progo, Pos Terminal Wates, dan Pos Timbangan Kuwaru.
Sedangkan, PMI Kabupaten Gunung Kidul akan menyiapkan posko di tiga titik, yaitu di Markas PMI Gunung Kidul, Pos Playen, dan Pos Paliyan.
——————————————————-
JUMAT, 10 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...