Pol PP Balikpapan Lakukan Razia KTP di Pelabuhan Semayang

Razia KTP di Pelabuhan semayang Balikpapan[Foto: Ferry Cahyanti]
CENDANANEWS (Balikpapan) – Pasca Lebaran, Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Balikpapan gencar melakukan razia di Pelabuhan Semayang. Mengingat arus balik diperkirakan akan lebih meningkat dari arus mudik yang diduga akan membawa ‘warga tambahan’. 
Kepala Satpol PP Balikpapan, AKBP Freddy Pasaribu menjelaskan, razia yustisi dilakukan sebagai upaya pencegahan pendatang baru ke Balikpapan yang tidak dilengkapi identitas kependudukan.
“Tidak ada pelarangan datang ke Balikpapan akan tetapi lengkapi dulu administrasi kependudukan, jika memang masih KTP luar Balikpapan maka minta surat keterangan domisili di Balikpapan, itu sudah cukup,” papar Freddy disela-sela melakukan razia yustisi.
Menurutnya banyak pendatang dari luar Balikpapan yang tinggal dan bekerja di Balikpapan belum terdata.
“Seharusnya pihak perusahaan juga mengeluarkan surat keterangan kerja untuk pekerja yang berasal dari luar Balikpapan,” ujarnya Senin (27/7/2015).
Freddy menyebutkan, puluhan penumpang kapal yang terjaring razia nantinya akan mengikuti sidang tindak pidana ringan (tipiring) pada 29 Juli nanti.
“Sanksinya tentu itu ranah dari hakim yang akan memutuskan,”tandasnya
Sementara itu, salah satu penumpang yang terjaring, Muninggal mengaku baru kali pertama datang ke Balikpapan namun tidak mempunyai tujuan.
“Saya ada masalah keluarga di rumah, saya baru cerai makanya pergi ke Balikpapan mau kerja, ya barang kali ada orang baik mau nolong buat kerja,” kilahnya.
Muninggal asal Kota Surabaya ini mengatakan, akan mengikuti aturan administrasi pemerintah kota Balikpapan.
Hal yang berbeda diungkapkan Paimin, Ia sengaja datang ke Balikpapan dari Blitar untuk merantau atau mencari kerja dan ikut keluarganya yang juga sukses, meskipun pekerjaan itu hanya sebagai buruh. 
“Biar jadi buruh yang penting pekerjaannya halal,” katanya sambil menunjukkan KTP dan surat keterangan domisili. (Ferry Cahyanti)
Lihat juga...