Polda Lampung Lakukan Pengamanan Pemudik Kendaraan Roda Dua

CENDANANEWS (Lampung) – Kepolisian Daerah Lampung melakukan pengawalan terhadap ratusan pemudik pengguna kendaraan roda dua selama arus mudik jelang Lebaran 1436 Hijriyah. Menurut Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Dillantas Polda Lampung Joko Totokunto pengamanan dilakukan selama arus mudik dari H-7 hingga H-2 sebelum lebaran disaat pemudik pengguna kendaraan bermotor terus meningkat.
Pengawalan tersebut menurut Joko dilakukan mulai dari pintu keluar Pelabuhan Bakauheni. Tekhnisnya anggota polisi dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni akan memantau kapal Roll on Roll Off (Roro) yang baru sandar di Pelabuhan Bakauheni Lampung dari Pelabuhan Merak Banten.
“Kita menunggu kapal yang baru sandar kemudian kita akan kumpulkan di pintu keluar lalu akan kita kawal menggunakan kendaraan patwall polisi,”ungkap Joko saat ditemui media CND di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni, Senin (13/7/2015).
Pengawalan terhadap ratusan pemudik menggunakan kendaraan bermotor tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, kebut kebutan di jalan serta agar para pemudik lebih tertib karena dipandu serta dikawal oleh anggota polisi.
Menurut Joko, sebagaian besar pemudik memilih perjalanan dari Pulau Jawa pada malam hari dan sampai di Pulau Sumatera pada pagi hari. Pengawalan dilakukan secara estafet tergantung kebutuhan para pemudik.
“Sebagian pemudik kan ada yang sebagian pulang di wilayah Lampung Selatan, Kalianda serta wilayah lain kecuali rombongan konvoi yang memang satu rombongan bisa sampai ke kabupaten lain,”ujar Joko.
Jika pengawalan dirasa cukup pengawalan pun akan dilakukan secara estafet dan diteruskan oleh anggota polantas yang berjaga di pos pengamanan di beberapa titik kemudian dilanjutkan.
Pengawalan tersebut diharapkan Joko bisa memberi kenyamanan kepada para pemudik hingga sampai di tempat tujuan. Berdasarkan pantauan CND ratusan kendaraan roda dua pemudik sebagian besar membawa keluarga dan barang yang cukup banyak saat melakukan mudik.

——————————————————-
SENIN, 13 Juli 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...