Polres Kulon Progo Siagakan 600 Personil Jaga Arus Mudik

Apel Operasi Ketupat
CENDANANEWS (Kulon Progo) – Mengamankan rute mudik dan pariwisata di daerah Kulon Progo, Polres setempat menerjunkan 600 personil dalam Operasi Ketupat Progo 2015. Terhitung mulai pukul 00.00wib dari tanggal 10 Juli – 27 Juli mendatang dengan menempatkan personil pada enam pos pengamanan.
Dalam operasi ketupat juga melibatkan Kodim 0731,TNI AL, Sat Radar TNI AU, Brimob, SatPol PP, Dishub, PMI, Pramuka, Ormas radio komunikasi dan Satuan Pemadam Kebakaran.
Kapolres Kulonprogo, AKBP Yuliyanto mengatakan, sepanjang jalur mudik utama di wilayah Kulonprogo dari perbatasan Purworejo hingga perbatasan Bantul (Jembatan Bantar) merupakan jalur rawan, baik rawan kecelakaan maupun kemacetan. 
Untuk mengantisipasi, akan didirikan enam pos pengamanan (Pos PAM). Terdiri dari Pos PAM di Perbatasan Purworejo, di Terminal Wates, Toyan, Ngeseng, Demen, dan Pantai Glagah.
“Untuk pos pengamanan di perbatasan dibangun bergabung dengan Polres Purworejo, disiapkan pospam juga tenda pleton serta field bed untuk mengantisipasi pemudik yang kelelahan agar bisa beristirahat,” ujar Kapolres saat apel operasi ketupat di Kulon Progo, Kamis (9/7/2015).
Tidak hanya itu, untuk pasar tumpah di Pasar Temon, Pihaknya akan bekerjasama dengan  Dinas Perindag ESDM untuk melakukan antisipasi jangan sampai ada penjual yang berjualan di badan jalan.
Adapun jalur wisata di objek-objek wisata baru di wilayah Samigaluh, Girimulyo, dan Nanggulan, dengan kondisi jalan yang sempit, turun naik, serta berkelok-kelok juga dinilai cukup rawan kecelakaan. 
“Sehingga akan kita antisipasi dengan di pintu-pintu masuk area dilakukan penjagaan bekerjasama dengan kelompok-kelompok masyarakat sadar wisata,” tutup Kapolres.
Sementara itu, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengharapkan semua pihak yang terlibat dalam operasi dapat mengamankan arus lalu lintas, baik yang masuk maupun yang keluar di lintasan wilayah polres Kulon Progo.
“Kita berharap operasi ketupat ini dapat nemberikan pengamanan untuk terciptanya suasana yang aman dan nyaman dalam melaksanakan ibadah puasa dan idul fitri nantinya, ” Ujar Bupati.

——————————————————-
KAMIS, 09 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...