Propinsi Sulawesi Tenggara Sadar Vaksin Rabies


CENDANANEWS (Kendari) — Rabies adalah salah satu penyakit yang proses penularannya melalui binatang seperti anjing, kucing dan kera. Tetapi di Indonesia, kasus rabies lebih banyak ditularkan oleh anjing, terutama anjing jalanan. 
Menyikapi hal ini, Kendari dalam kontribusinya mewujudkan Indonesia Bebas Rabies Tahun 2020 memberikan layanan terpadu bagi warga pemiliki binatang peliharaan yang berpotensi membawa virus rabies. 
Layanan yang diberikan Dinas Pertanian dan Peternakan Sulawesi Tenggara ini juga sangat efektif, karena mereka tidak menunggu aduan dari masyarakat tetapi mereka membentuk tim khusus yang memberikan vaksin bagi binatang peliharaan dari rumah ke rumah. 
Romelus Sanabuka ketika dihubungi Cendana News melalui hubungan telpon seluler menjelaskan bahwa Ia dan tim sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab menerima aduan dari masyarakat tentang keberadaan binatang-binatang liar yang ditengarai terjangkit rabies. Aduan tersebut akan segera direspon dengan menurunkan tim khusus ke lokasi dan memberikan vaksin kepada binatang yang dimaksud.
“Sedangkan untuk rumah-rumah yang memiliki binatang peliharaan seperti anjing, pemilik bisa menghubungi Dinas Pertanian dan Peternakan, lalu nanti kami akan datang ke rumah dengan memberikan vaksin rabies bagi binatang mereka” lanjut Romelus.
Ketika Cendana News mengkonfirmasi tentang berapa kasus rabies yang sudah pernah ditemukan sekaligus ditangani, Romelus menjawab “Di tahun 2015, 4 kasus yang ditangani oleh UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Laboratorium Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan  Tingkat I Propinsi Sulawesi Tenggara” 
4 kasus dalam kurun waktu hampir satu tahun dalam satu Propinsi, tentulah tergolong kecil. Diharapkan kesiagaan Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra membuahkan hasil, bahwa kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan seluruh Indonesia terbebas dari rabies pada 2020 nanti.
——————————————————
Kamis, 23 Juli 2015
Jurnalis : Gani Khair
Foto : Gani Khair
Editor : Sari Puspita Ayu
——————————————————
Lihat juga...