Puskesmas Ujung Tombak Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Kepala Puskesmas se- Kabupaten Lombok Barat [Foto: Turmuzi]
MATARAM — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat (NTB) Nusa Tenggara Barat (NTB), Rahman Sahnan Putra mengatakan, Puskesmas merupakan ujung tombak suatu pemerintahan daerah Kabupaten dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, terutama di tingkatan pedesaan dan daerah terpencil.
“Tidak bisa dipungkiri Puskesmas selama ini memiliki peran strategis dan menjadi ujung tombak dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat yang hidup dan tinggal di daerah terpencil dan pedalaman,”kata Rahman saat membuka acara pelatihan penguatan kapasitas bagi puluhan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lombok Barat di Mataram, Selasa (28/7/2015).
Karena itu, dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat, perlu adanya pembinaan dan penguatan kapasitas bagi para Kepala Puskesmas maupun petugas lain, termasuk dalam bidang pengelolaan anggaran menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sehingga nantinya, selain bisa berdaya dan mandiri, kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat juga lebih bagus.
Rahman menambahkan, penguatan kapasitas manajemen layanan dan pengelolaan bidang anggaran menjadi penting dilakukan, mengingat ketika Puskesmas statusnya sudah menjadi BLUD, kualitas layanan tentunya menjadi hal terpenting yang paling dikedepankan kepada masyarakat, termasuk bagaimana menggalang dan mengelola anggaran secara mandiri.
“Meski dengan status BLUD, puskesmas bisa lebih leluasa menggalang dan melakukan pengelolaan anggaran dana didapatkan secara mandiri, tapi dalam implementasinya tetap berada di bawah pengawasan Dinas Kesehatan,”sebutnya.(Turmuzi)
Lihat juga...