Ratusan Toko dan Kios Pedagang Jadi Abu Sebelum Lebaran

CENDANANEWS (Padang) –  200 lebih toko dan kios menjadi abu di Pasar Lubuk Buaya Kota Padang, kebakaran tersebut diketahui warga sekitar pukul 20.30 WIB. Api dengan cepat membakar ratusan toko kelontong, toko plastik, pakaian, dan kios beras. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pada pukul 21.30 WIB dan api susah dikendalikan.
“Kami menerima informasi jam 21.30, kejadiannya sudah ada sejak jam 8 lewat. Dan masyarakat mengupayakan memadamkannya sendiri. ,” ujar Kepala BPBD PK (Badan Penangggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran), Dedi Henidal pada cendananews di lokasi kejadian, Rabu (15/7/2015) malam.
Dikatakanya, pihaknya setelah dapat informasi langsung ke lokasi, api sudah besar tidak bisa dikendalikan lagi, di sini banyak sekali toko-toko yang menjual plastik, minyak goreng, barang-barang kering dan susah sekali memadamkannya.
“Dipadamkan disini, disana terbakar, kami pindah kesana, yang dipadamkan kembali membara lagi,” ujar Kepala BPBD PK (Badan Penangggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran), Dedi Henidal pada cendananews di lokasi kejadian, Rabu (15/7/2015) malam.
Selama melakukan pemadaman, petugas kesulitan karena banyaknya barang-barang yang mudah meledak dan terbakar. Sehingga api semakin liar. Ditambah lagi dengan sempitnya akses jalan menuju sumber api.
“Ada tiga ledakan didalam tadi. Itu yang menimbulkan kita kesulitan memadamkannya kemudian wilayahnya juga sempit, ke lokasi itu banyak rintangan. banyaknya petak-petak batu,” lanjut Dedi.
Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, dan BPBD PK menyerahkannya pada pihak berwajib untuk mengusut penyebab kebakaran yang total kerugiannya milyaran.
“Penyebabnya sendiri kita belum tahu, kita serahkan pada pihak yang berwajib,” kata Dedi.
Sampai berita ini dibuat, sudah 148 Toko dan lebih dari 50 kios yang terbakar. Data ini akan terus bertambah karena beberapa titik api masih belum bisa dipadamkan namun telah dikuasai.
“Sesuai dari data yang kami terima lebih kurang 148 unit toko, 50 lapak-lapak yang ada di lokasi. kerugiannya diperkirakan milyaran,”
Sebanyak 24 armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api. Dari kota  Padang ada sembilan unit armada, lalu dari Padang Pariaman, Pariaman, Padang Panjang, Pelindo dan Solok ada 13 armada tambahan dari daerah lainnya dan dari Brimob Kota Padang ada dua unit water canon.
——————————————————-
KAMIS, 16 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...