Rumah Sakit dan Puskesmas Tetap Berikan Layanan Selama Lebaran

CENDANANEWS (Kulon Progo) – Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, dan Puskesmas tertentu tetap memberikan pelayanan kepada pasien seperti biasa pada libur Lebaran pada 16 hingga 19 Juli.
Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD, Wates Witarto mengatakan, instalasi-instalasi pelayanan akan tetap buka selama libur Lebaran, meliputi Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, rawat intensif, instalasi bedah sentral, farmasi, radiologi, laboratorium, dan hemodialisis.
“RSUD Wates tetap memberikan pelayanan seperti biasa. Pelayanan di RSUD Wates dipastikan tidak akan terhenti pada libur Lebaran ini,” kata Witarto. 
Ia menambahkan saat lebaran yang tidak memberikan pelayanan yakni poliklinik, jajaran adminsistrasi, serta manajemen.
 “Kemudian pada 20 Juli seluruh bidang di RSUD Wates sudah buka seperti biasa,” kata Witarto. 
Selain itu untuk penanganan kasus kecalakaan dan kejadian luar biasa pada H-7 hingga H+7 lebaran, RSUD Wates sebagai rumah sakit yang tergabung dalam Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Cabang Yogyakarta, berkoordinasi dengan RS lain di Kulonprogo. Antara lain PKU Muhammadiyah 2, RS. Panti Bakti Ningsih, RS. Santo Yusuf, RS. Queen Latifa, RS. PKU Nanggulan, RS. Rizki Amalia, dan RS. Kharisma Paramedika.
“Mobil ambulan gawat darurat yang dimiliki juga diminta berpatroli di wilayah masing-masing pada jam-jam rawan kecelakaan,” kata Witarto
Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Keuangan RSUD Wates, Agung Sugiharto mengatakan, sesuai peraturan Kementrian Kesehatan, ada 123 diagnosa pasien BPJS yang menjadi kriteria gawat darurat dan bisa mengakses pelayanan langsung ke RS. Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kriteria diagnosa tersebut, apakah termasuk kompetensi dokter umum atau RS.
“Padahal untuk kasus yang seharusnya bisa diselesaikan di Puskesmas, kalau diikerjakan rumah sakit, maka rumah sakit tidak akan dibayar oleh BPJS. Jadi memang harus sesuai prosedur dan ketentuan sesuai kriteria diagnosa,” Tutur Sugiarto.
——————————————————-
KAMIS, 16 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...