SD Muhammadiyah Ambon Fokus Kembangkan Mutu Pendidikan

CENDANANEWS (Ambon) – Untuk mengembangkan mutu pendidikan, pihak Sekolah Dasar Muhammadiyah Wara Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon Provinsi Maluku, tetap berkonsenterasi terhadap peserta didik termasuk para tenaga pendidik.
Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Wara Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon Provinsi Maluku, Sri Luluk Agustiningsih, MM.Pd, saat diwawancarai CND di sekolahnya Rabu (8/7/2015) mengatakan, ia bersama pihaknya tetap focus guna meningkatakan mutu pendidikan di sekolah yang baru dipimpinnya enam bulan tersebut.
Sri Luluk Agustiningsih, MM.Pd
Menurut Sri, berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan sebagai persiapan ia bersama stafnya sudah melakukan rapat kerja. Termasuk mengaplikasikan Kurikulum 13 (K13) pada 2015 terhadap 479 siswa mulai Kelas I hingga Kelas VI.
Dijelaskan, pengembangan sekolah diarahkan kepada peserta didik termasuk juga terhadap para tenaga pendidik.
Sri menjelaskan, untuk peserta didik diprioritaskan program ekstra kulikuler. Yakni melalui wadah sanggar Buya Hamka, TPQ Buya Hamka, Gugus Depan Buya Hamka, dan berbagai komunitas lain misalnya membaca dan menulis, olahrga dan seni.
Sedangkan untuk para tenaga pendidik dilakukan Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan (PKB). Masing-masing pengembangan diri, karya inovasi, dan publikasi ilmiah.
Disebutkan jumlah siswa SD Muhammadiyah Wara Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku adalah 470 orang dengan tenaga guru 26 orang, dimana 70 persennya adalah tenaga honor yang sudah tersertifikasi.
Untuk pengembangan sarana dan pra sarana lebih dipentingkan kepada pemberdayaan potensi lingkungan terhadap daur ulang sampah.
Menurut Sri, untuk daur ulang sampah SD Muhammadiyah Kota Ambon juga telah mengikuti pameran di Jakarta.
Tahun ini, lanjut Sri, sekolah yang ia pimpin baru enam bulan itu, juga sudah membuat koperasi sembako untuk kebutuhan warga sekolah termasuk orang tua siswa.
“Kedepan pihak sekolah sendiri ingin bermitra dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon kaitannya untuk pembinaan bahan daur ulang sampah,” lanjutnya.
SD Muhammadiyah Wara Kota Ambon juga pada 1 Agustus 2015 juga mengirim siswanya untuk mewakili provinsi Maluku mengikuti even nasional di Makassar.
Kendalanya ada pada anggaran yang sebagaian besar dibelanjakan untuk membiayai gaji guru honor. Sehingga tidak maksimal jika disingkronkan dengan niatnya saat ini mengembangkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya itu.
“Harapannya, kedepan mutu semakin meningkat. Sehingga SD Muhammadiyah Wara bias menjadi sekolah unggulan utamanya bagi umat muslim di Kota Ambon dan Maluku umumnya. Dan juga dapat bersaing dengan sekolah lainnya di luar Maluku,” pungkasnya.

——————————————————-
RABU, 08 Juli 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...