Sebelas Orang Dikabarkan Meninggal Akibat Hujan Es di Papua

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol patrige Renwarin
CENDANANEWS (Jayapura) – Bukan hanya di Kabupaten Puncak yang dilanda Hujan Es, di Kabupaten Lanny Jaya pun mengalami hal yang sama sejak tanggal 3 dan 5 Juli  lalu. Akibat hujan es tersebut, belasan warga dari tiga Distrik di Kabupaten Lanny Jaya, dikabarkan telah meninggal dunia.
Sebelas warga tersebut masing-masing dari 3 Distrik yakni Kuyawage yang jumlah kampung terkena hujan es berjumlah 8 kampung. Distrik Goa Baliem, 7 Kampung dan Distrik Wano Barat sebanyak 11 kampung.
“Informasi yang kami terima, para korban yang dinyatakan meninggal dunia ini, akibat terserang penyakit diare dan kelaparan. Namun, coba dikroscek lebih lanjut ya,” kata Juru Bicara Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin, Selasa (14/7/2015).
Akibat hujan es selama dua hari di Kabupaten Lany Jaya, lanjutnya, stok makanan makin menipis, sehingga terjadi kelaparan dan juga timbul penyakit diare. Hingga kini, pemerintah daerah setempat bersama aparat TNI/Polri telah lakukan langkah seperti melakukan rapat mendadak dengan sejumlah pihak terkait, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) setempat untuk memberikan bantuan bagi warga yang terserang penyakit dan kasus kelaparan.
“Pada saat kejadian, Pemda Lanny Jaya langsung menyiapkan bahan makanan, tenaga medis, obat-obat bahkan mencarter 11 penerbangan untuk mengangkut bahan makanan dan obat – obatan serta tenaga medis kesana (Lany Jaya),” ujarnya.
Masih kata Patrige, saat ini wilayah Lanny Jaya masih terisolasi. “Pesawat terbang belum bisa masuk ke wilayah tersebut akibat hujan es yang melanda Lanny Jaya dan sekitarnya,” imbuhnya.
——————————————————-
RABU, 15 Juli 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Fotografer : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...