Sejumlah Paket Balon Gagal Maju ke Pemilukada Manggarai

Baliho salah satu paket yang gagal mendaftar ke KPUD Manggarai
MANGGARAI — Sejumlah paket Bakal Calon (Balon) yang sebelumnya mempromosikan diri siap maju ke pentas pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, akhirnya batal melaju ke tahap berikutnya.
Hal tersebut bisa disimpulkan jika melihat jumlah pasangan Balon Kepala Daerah yang sudah diterima pendaftarannya oleh Komisi Pemilihan Umum Kepala Daerah (KPUD), 27-28 Juli 2015.
Berdasarkan data pendaftaran Calon ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai, dipastikan hanya ada tiga paket Balon Kepala Daerah yang sudah mendaftarkan diri. Satu paket berstatus calon perseorangan (independen), sedangkan dua di antaranya diusung oleh partai-partai politik.
“Tidak ada lagi. Pendaftaran sudah ditutup tanggal 28. Hanya ada tiga pasangan yang daftar selama tanggal 27-28,” jelas Ketua Divisi Penyelenggaraan KPUD Manggarai, beberapa waktu lalu.
Disebutkan, yang terdaftar yakni Paket Deno-Madur (Kamelus Deno-Victor Madur), Herry-Adolf (Heribertus Nabit-Adolf Gabur), dan dari perseorangan, Pilar (Philipus Mantur-Adrianus Suardi). 
Sebelumnya lebih dari tiga paket menyatakan diri siap bertarung di pemilukada Manggarai pada tahun 2015 ini. Hal ini dibuktikan dengan dipasangnya baliho-baliho di pelbagai titik wilayah di Kabupaten Manggarai. 
“Bakal Calon Bupati Manggarai-Bakal Calon Wakil Bupati Manggarai, Periode 2015-2020,” demikian tertulis pada hampir semua baliho tersebut.
Pantauan CND, dari keseluruhan paket Bakal Calon Kepala Daerah yang telah menyatakan diri ke publik, sedikitnya ada 5 (lima) paket di antaranya dinyatakan tidak mendaftarkan diri ke KPUD. 
Kelima paket tersebut adalah Yohanes Halut-Stefanus Aco (Yosef), Sebastianus Salang-Hilarius Jonta (Asri), Victor Slamet-Silvester Ba’eng,  Maksimus Ngkeros-Stephanus Pelor (Master) dan Marselus Sudirman-Fransiskus Bustan (Mesra).
Diduga, paket-paket tersebut tidak berhasil mendapatkan dukungan partai politik ataupun suara masyarakat untuk maju sebagai calon usungan partai politik ataupun calon independen.
Ruang pendaftaran di KPUD Manggarai
JUMAT, 31 Juli 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...