Sekolah se-Jayapura Ditargetkan Ikuti UN Sistim CBT di 2019

Anak Sekolah Dasar di Kota Jayapura
JAYAPURA — Dinas Pendidikan dan Pengajaran (P dan P) Kota Jayapura menargetkan tahun 2019 Ujian Nasional (UN) sistim Computer Base Test (CBT) dapat diikuti oleh keseluruhan sekolah yang ada di Kota Jayapura.
Kepala Dinas P dan P Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa mengatakan, ujian nasional tahun lalu hanya satu sekolah yang melaksanakan sistem CBT, yakni SMA Negeri 3 Jayapura, dan untuk tahun ini akan meningkat, seperti SMA N 1, SMA N 2, SMA N 4 ada juga SMK N 3, SMK N 5 dan beberapa sekolah lainnya.
I Wayan Mudiyasa
“Sekarang diharapkan lebih banyak dari itu, sama halnya dengan SMK dan SMP. Saya rasa pelaksanaan CBT di Kota Jayapura mulai dari SMP, SMK meningkat. Tahun sebelumnya SMP tidak ada, tapi tahun ini SMP nya agak banyak meski sekarang masih pendataan,” kata I Wayan, Kamis (30/07/2015).
Sampai saat ini dilakukan pendataan sekolah yang telah mengajukan diri untuk ikuti sistem CBT, hasilnya telah dikirim ke pusat, nantinya akan diverifikasi layak dan tidaknya sekolah-sekolah tersebut gunakan CBT.
“Kami masih lakukan usulan, tahun ini peningkatannya 2 sampai 3 kali lipat dari tahun lalu,” dikatakan Mantan Kepala Sekolah SMA N 4, Entrop, Kota Jayapura ini.
Pihaknya terus melakukan evaluasi dan pengawasan ke setiap sekolah-sekolah untuk sistem CBT tersebut. Ia pesimis tahun 2019, sekolah yang ada di ibukota provinsi Papua ini telah gunakan sistem CBT.
“Tahun 2019, itu harus semua sekolah gunakan CBT. Sama dengan Kurikulum Nasional 2019-2020 terlaksanannya sudah semua,” ujarnya.
Data sekolah yang ada di Kota Jayapura antara lain, 105 Sekolah Dasar (SD), 46 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 21 Sekolah Menengah Atas (SMA), dan 15 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
JUMAT, 31 Juli 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...