Selama Ramadhan, Pembuangan Sampah ke Sungai di Mataram Meningkat

Dua Petugas Kebersihan nampak sedang membersihkan genangan sampah bantaran sungai lingkungan Dasan Sari Kota Mataram
CENDANANEWS (Mataram) – Sampah rumah tangga mengenangi sungai di Mataram lebih banyak dari biasanya akibat tingginya aktivitas masyarakat, terutama yang berkaitan dengan penjualan bahan makanan berbuka puasa oleh para pedagang di pasar, lapak pinggir jalan, maupun aktivitas yang secara lansung dilakukan warga masyarakat.
“Selama puasa ramadhan ini, volume sampah, khususnya sampah rumah tangga yang menggenangi sungai di Kota Mataram lebih banyak dari hari biasanya, sehingga cukup melelahkan juga untuk dibersihkan, apalagi dalam kondisi berpuasa,” kata Rahman salah seorang petugas kebersihan Kota Mataram, Selasa (14/7/2015).
Heri, petugas kebersihan lainnya mengatakan, tingginya volume sampah yang menggenangi sejumlah sungai di Kota Mataram, kata Rahman, bisa jadi karena aktivitas warga selama puasa ramadhan lebih tinggi, kalau dibandingkan hari biasa, ditambah sampah yang dihasilkan dari aktivitas para pedagang PKL dan penjualan makanan lain.
“Pokoknya volume sampah selama puasa ini lebih besar, kalau biasanya genangan sampah di sungai bisa kita selesaikan dari pagi hingga jelang siang, selama puasa ni sampai waktu shalat zuhur pun terkadang kita masih membersihkan sungai dari genangan sampah,”katanya.
Lebih lanjut Heri berharap supaya selama puasa ramadhan ini selain diberikan THR, pemkot juga bisa berikan bonus untuk kebutuhan merayakan lebaran bersama keluarga.
——————————————————-
SELASA, 14 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...