Soekarwo: Letusan-letusan Kecil Masih Tertampung di Kaldera

Gunung Raung dari Kawah Ijen


CENDANANEWS (Surabaya) – Gunung Raung yang dinaikkan statusnya dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak Senin (29/6) masih dirasa aman karena penduduk terdekat berjarak 10 KM dari gunung.
Gubernur Jatim, Soekarwo

“Meskipun statusnya sudah dinaikkan tetapi penduduk sekitar Gunung Raung masih aman karena masih dalam radius 10 KM. Yang bebas dari aktivitas, baru di radius tiga Kilometer dari puncak Gunung Raung,” kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat ditemui di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (7/7/2015).

Dijelaskan, Gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter diatas permukaan laut ini menunjukkan taringnya sejak Minggu (28/6) malam dengan gempa tremor yang terus meningkat hingga Senin (6/7). Namum masih aman karena letusan kecilnya tertampung di kaldera (kawah gunung berapi).
“Kondisi Gunung Raung dirasa masih aman karena letusan-letusan kecil masih tertampung di kaldera,” kata Pak De Karwo, sapaan akrab Gubernur Jawa Timur.
Perlindungan sejauh ini dilakukan hingga radius lima kilometer. Meskipun himbauan dari BPBD Jawa Timur hanya di radius tiga kilometer. Dikilometer 10 ada sebanyak 236 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak jika terjadi letusan. 
Menurut Burhan Alethea (Pengamat Gunung Api) Gunung Raung diprediksi tidak akan terjadi letusan besar, karena sudah letusan kecil beberapa hari terakhir dan masih aman karena tertampung di kaldera.
“Himbauan untuk warga sekitar gunung Raung agar tetap waspada dan tidak panik dengan berita-berita yang tidak benar.” Tegasnya.
——————————————————-
SELASA, 07 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti / Fika Dian Saptawati
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...