Suka Duka Polwan dalam Pengamanan Arus Mudik di Bakauheni

CENDANANEWS (Lampung) – Sebagai anggota polisi wanita di Polres Lampung, Bripda Nurul dan Bripda Revi mendapatkan tugas untuk mengawasi beberapa titik di pelabuhan Bakauheni saat arus mudik dari H-7 hingga H+7 lebaran dalam arus balik. Mereka berdua bersama 22 rekan lainnya, baru bergabung menjadi anggota Polri selama 5 bulan di Polres Lamsel.
Bripda Nurul mengungkapkan saat ini masih tetap diploting di gangway dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan bersama beberapa anggota Polwan lainnya. Selain itu beberapa titik diantaranya loby pembelian tiket pun beberapa Polwan berjaga.
Ia mengungkapkan meski pertama kali bertugas dalam arus mudik tersebut dirinya mengaku menjalaninya dengan senang hati meskipun selama arus mudik bahkan hingga hari raya lebaran 1436 Hijriyah ini tidak merayakan lebaran bersama keluarga. 
Bripda Nurul mengungkapkan saat lebaran ia mengaku hanya bisa mengucapkan lebaran kepada orangtua menggunakan fasilitas video call. 
“Saya waktu lebaran hanya mengucapkan selamat merayakan lebaran kepada keluarga melalui video call dan tidak pulang karena tetap bertugas di sini,”ungkap Bripda Nurul kepada media CND di Bakauheni Selasa(21/7/2015).
Sama halnya dengan Bripda Nurul, Bripda Revi juga mengaku tak bisa merayakan lebaran bersama keluarga karena baru bisa berlebaran setelah operasi ketupat 2015 berakhir. 
Bripda Revi mengungkapkan meski merasa sedih tak berlebaran bersama keluarga namun ia mengaku selama bertugas dalam angkutan lebaran ini ia masih bisa berbahagia karena kawan kawan sesama brigadir muda menghiburnya.
Selain itu ada rasa kebanggaan karena saat menjadi brigadir muda dirinya langsung mendapat tugas di Lampung Selatan yang memiliki keistimewaan sebagai gerbang Pulau Sumatera. Pelabuhan Bakauheni, Bandara Raden Inten II serta Jalan Lintas SUmatera di Lampung Selatan menjadi jalur lintasan paling padat di Sumatera.
Bahkan ia mengaku meski sebagai brigadir muda yang mendapatkan tugas di Bakauheni ia bisa bertemu dengan banyak orang yang akan mudik atau balik lebaran.
Meskipun demikian bukan tanpa kesulitan ia menjalankan tugas pengamanan arus mudik tersebut apalagi saat arus mudik sejak H-7 dirinya sedang menjalankan ibadah puasa. Godaaan saat melaksanakan tugas tersebut terutama dengan kondisi cuaca di dekat pantai yang panas.
Ia pun mengakui saat bertugas di Pelabuhan Bakauheni hal hal unik ditemui diantaranya bertemu dengan para pemudik wanita yang mengalami kesulitan. Bahkan saat pemudik wanita mengalami kesulitan menggendong anak anak akibat berdesak desakan ia pun ikut menggendong anak pemudik.
“Kalau ada kesulitan bagi pemudik yang membawa anak kecil terutama kerepotan membawa barang kami tak segan menawarkan menggendong atau menuntun anak mereka,”ujar Bripda Revi.
Selain aktif memberikan bantuan kepada pemudik para anggota Polwan tersebut juga selalu siap siaga jika diperlukan bantuannya untuk memberikan informasi kepada para pemudik. Para pemudik rata rata bingung menuju ke terminal Pelabuhan Bakauheni karena perubahan saat arus mudik dan arus balik.
“Tak segan kami mengarahkan pemudik dan siap memberi informasi kepada pemudik jika mereka tak tahu lokasi yang akan dituju terutama kendaraan yang akan dinaiki,”ungkap Bripda Revi.
Pengalaman bertugas sebagai brigadir remaja yang dirasakan oleh Bripda Nurul serta Bripda Revi juga dialami oleh puluhan anggota brigadir lainnya serta polwan senior. Revi dan Nurul serta Polwan lainnya mengaku menjalankan tugas tersebut dengan senang hati dan penuh tanggungjawab sebagai korps bhayangkara wanita.
Ratusan anggota polisi dari Polres Lampung Selatan tersebar di sejumlah dermaga, ruang tunggu, gangway serta titik titik penting lainnya dalam operasi Ketupat 2015 termasuk puluhan anggota polwan lainnya.
——————————————————-
SELASA, 21 Juli 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...