Sumbar Talenta, akan Hadirkan “Minang” di Singapura

CENDANANEWS (Padang) – Promosi budaya dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus dilakukan baik itu secara independen oleh para seniman dan budayawan ataupun yang didanai oleh pemerintah.
Begitu juga dengan Tim Kesenian Sumbar Talenta, yang merupakan binaan  dari Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar. Tim kesenian yang beberapa waktu lalu itu baru pulang dari Aljazair bulan Mei 2015. Kelompok seni ini kembali mendapat kesempatan tampil di luar negeri. Singapura jadi negara selanjutnya.
Dalam siaran pers yang diterima cendananews. Pembina Sumbar Talenta, Sastri Yunizarti Bakry mengatakan, Sumbar Talenta secara resmi diundang oleh Singapure Minang Association yang bekerja sama dengan Pemerintah Singapura melalui Malay Heritage Centre.
“Tim Sumbar Talenta akan tampil pada tanggal 24 Juli 2015 membawa kesenian Sumatera Barat, baik berupa tarian dan lagu-lagu Minangkabau. Pada tanggal 25 Juli 2015 dilanjutkan  dengan fashion show dan baca puisi. Misi Sumbar Talenta ini adalah mempromosikan kesenian tradisi Minangkabau dan mengekspresikan talenta anak di bidang menyanyi, menari, musik, peragaan busana tradisi, baca puisi serta menambah pengalaman batin anak-anak yang kami bina,” kata Sastri Bakry yang juga dikenal sebagai sastrawati  dan baru-baru ini lolos dalam Seleksi calon pimpinan KPK.
Sastri menjelaskan, delegasi Sumbar Talenta yang berangkat ke Singapura itu berjumlah 20 orang. Kelompok ini dicampurkan antara senior dan junior, khususnya pemenang Sumbar Talenta ke-10. Sebelumnya, pada tanggal 5 Mei 2015, Tim Kesenian Sumbar Talenta tampil membawa misi kebudayaan di Palais de la Culture Mohamed El Khalifa, Provinsi Constantine, Alger, Aljazira, untuk memeriahkan event Constantine sebagai Ibu Kota Budaya Arab Tahun 2015.
Dalam pertunjukan tersebut, seluruh kursi di gedung pertunjukan yang berkapasitas 800 orang terisi penuh.   Pada tanggal 6 Mei 2015, Sumbar Talenta tampil kembali di Centre Cultural Provinsi Mila yang dihadiri jajaran Pemda Mila, dan pada tanggal 8 Mei 2015 Sumbar Talenta tampil di Gedung Salle El Mougar, Ibu Kota Alger yang dihadiri korps diplomatik dan stakeholders KBRI Alger.
“Dalam setiap penampilannya, Sumbar Talenta membawakan Tari Indang dan Tari Piring serta suara emas para penyanyinya yang membawakan lagu-lagu Minangkabau,” pungkas Sastri.

——————————————————-
SENIN, 13 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...