Tahapan Pilkada, Para Bakal Calon Jalani Tes Kejiwaan

Pasangan Baja seusai melakukan tes kejiwaan di RSJ Kurungan Nyawa Pesawaran
LAMPUNG — Pasangan bakal calon kepala daerah Lampung Selatan mengikuti pemeriksaan kejiwaan dan kesehatan dalam rangka tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada). Dan yang diperiksa hari ini yakni, Soleh Bajuri – Ahmada Ngadelan (BAJA).
Dua pasangan bakal calon lainnya, Rycko Menoza – Eki Setyanto dan Zainudin – Nanang telah melakukan tes sehari sebelumnya.
“Dua calon lain sehari sebelumnya sudah mengikuti tes psikologi kemudian jadwal hari ini untuk pasangan Soleh Bajuri serta Ahmad Ngadelan,”ungkap staf KPU Lampung Selatan, Hargito kepada Cendana News, Kamis (30/7/2015).
Disebutkan, pasangan Soleh Bajuri – Ahmada Ngadelan (BAJA) melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Jiwa Kurungan Nayawa Pesawaran Lampung. Sementara Rycko-Eki mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Abdul Muluk (RSUAM) Bandarlampung.
“Sudah melakukan test psikologi dan berjalan dengan lancar tanpa halangan hingga selesai dan pastinya akan melengkapi syarat pencalonan lainnya,”ungkapnya.
Dalam Pemilukada 2015, Pasangan BAJA, Zainudin Hasan – Nanang akan bersaing dengan pasangan petahana Rycko Menoza – Eki Setyanto yang sudah lima tahun memimpin Kabupaten Lampung Selatan.
Zainudin Hasan merupakan adik kandung dari ketua MPR Zulkifli Hasan dan pernah bertarung beberapa kali dalam perebutan kepala daerah di Lampung Bai sebagai bupati serta gubernur meski keberuntungan belum berpihak kepadanya.
Sementara itu untuk verifikasi berkas calon, KPU Lampung Selatan melakukan langkah pengecekan keabsahan ijazah bakal calon hingga ke tempat asal para calon bersekolah. 
Beberapa tempat yang akan didatangi untuk verifikasi ijazah diantaranya Palembang, Bandung, Jakarta dan Bandarlampung yang merupakan tempat dimana beberapa bakal calon dahulu menempuh pendidikan.
“KPU Lamsel membentuk empat tim untuk verifikasi faktual ijazah calon yang langsung dipimpin komisioner KPU Lamsel,”ungkap Kasubbag Humas dan tekhnis Pemilu Sekretariat KPU Lamsel, Asep Rujaeni.
Selain tes kesehatan, kejiwaan, verifikasi berkas, KPU Lamsel menyebutkan pasangan bakal calon kepala daerah masih belum secara resmi mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR.
Kedua orang calon tersebut yakni Ahmad Ngadelan Jawai yang mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati Soleh Bajuri dan Nanang Ermanto yang mendampingi Zainudin Hasan.
“Dalam syarat pencalonan baru, pernyataan mengundurkan diri harus mundur sebelum ditetapkan menjadi calon pada 24 Agustus mendatang,”ungkap ketua KPU Lamsel Muhamad Abdul Haafids.
Berdasarkan ketentuan, bakal calon wajib melepaskan jabatan sebagai anggota dewan dan hal tersebut diatur dalam Peraturan KPU No.12 tahun 2015 tentang revisi PKPU no.9 Tahun 2015 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan atau Walikota.
“Jadi atau tidaknya menjadi Bupati atau Wakil Bupati harus mundur,”ungkapnya.
Selain hal tersebut, ketiga bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan dipastikan belum menyerahkan berkas tanda terima hasil Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan.
Menurut KPU, formulir tanda terima LHKPN merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dan jika tidak dipenuhi maka bakal calon dinyatakan gugur dari peserta Pilkada Lamsel.
Pasangan calon Rycko Menoza-Eksi Setyanto

Pasangan calon Zainudin -Nanang  Ermanto
KAMIS, 30 Juli 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...