Tekan Kematian Ibu Hamil, LSM Pattiro Luncurkan SMS Gate Way

CENDANANEWS (Surabaya) – Tingkat kematian ibu hamil di Jawa Timur masih terbilang tinggi pada tahun 2014, yakni 567 Jiwa. Menyikapi hal tersebut, LSM Pattiro Gresik mencoba untuk menekan dengan melakukan metode baru, sms gate way.
“Kami sedang uji coba sms gate way, untuk memantau ibu hamil risiko tinggi,” kata anggota LSM Pattiro Gresik, Nur Khosiah di Surabaya, Minggu (12/07/2015).
Sms gate way tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jawa Timur dengan melakukan pemantauan ini dimulai sejak ibu hamil terdeteksi risiko tinggi. Ibu hamil dapat mengirim sms keluhan atau masalah kehamilannya ke bidan atau pendampingnya kemudian disimpan oleh bank data lalu ditangani oleh Pattiro Gresik.
“Jika tidak mampu tertangani maka langsung dialihkan ke Dinas Kesehatan Jawa Timur yang lebih berwenang,”sebutnya.
Pelayanan tersebut diharapkan mampu memberi keputusan yang tepat, mengenai penanganan rujukan jika sakit, keputusan dirawat dimana dan yang paling penting penanganan secara cepat.
“Dengan adanya sms gate way kami berharap bisa menekan kematian ibu hamil dengan cara yang lebih tepat dan aman,” Tutupnya.
Sementara itu, angka Kematian Ibu (AKI) di Jawa Timur pada tahun 2011 sebesar 104,3/100.000 kelahiran, tahun 2012 sebesar 97,43/100.000 kelahiran, dan data yang dihimpun pada tahun 2014 sebanyak 567 jiwa.
——————————————————-
MINGGU, 12 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...