Tekan Volume, Masyarakat Diajak Pisahkan Jenis Sampah

Tempat sampah
CENDANANEWS (Balikpapan) – Mengurangi Volume di tempat pembuangan sampah (TPS) yang berada di Kota Balikpapan, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) setempat gencar laksanakan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk memisahkan sampah organik dan non organik.
Kepala DKPP Balikpapan, Abdul Aziz menjelaskan, saat ini sosialisasi pemilahan sampah terus digalakkan melalui kelurahan-kelurahan dan kecamatan, agar masyarakat paham akan pentingnya pemilahan sampah untuk mengurangi volume ke TPS. 
“Kita mengajak dan menedukasi masyarakat bahwa sampah itu bisa dikelola dengan baik. Minimal masyarakat bisa memisahkan antara sampah organik dan non organik. Kalau ini sudah dipilah berarti volume sampah di TPS bisa berkurang,” paparnya, di Balikpapan, Sabtu (25/7/2015).
Selain itu, Ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap taat aturan dengan tidak membuang sampah di sungai atau drainase. Sebab muaranya akan menuju ke laut. Pihaknya juga mengikutsertakan masyarakat dalam proses pengelolaan sampah dan mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Manggar.
Terkait dengan proses pembelajaran pemilahan sampah ini, DKPP bersama pihak terkait terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tidak hanya itu, sejak Januari 2015 lalu, keberadaan TPS-TPS di jalan protokol atau Sudirman mulai dikurangi. 
“Kalau sudah dipilah minimal volume sampah di TPS kurang. Makanya kita kurangi TPS di jalan protokol supaya masyarakat ikut mengelola sampah sendiri,” sambungnya.
Sementara itu, DKPP mencatat volume sampah pada lebaran tahun ini sejak H-2 sampai H+2 rerata mencapai 500 ton perhari. Jumlah ini jauh meningkat tajam dibandingkan saat Ramadhan, perhari sampah yang diangkut petugas DKPP hanya mencapai 317 ton.
Aziz menyebutkan, dari enam kecamatan yang ada di Balikpapan kota, Selatan dan Barat paling banyak menyumbang sampah ke TPA Manggar.
——————————————————-
SABTU, 25 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto             : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...