Tenaga Kontrak Pemotong Rumput, Gajinya Kecil Kerjanya Besar

CENDANANEWS (Yogyakarta) –  Di satu siang yang cukup menyengat, terdengar suara mesin pemotong rumput silih berganti dengan suara kendaraan yang melaju melintas di jalan Yogya – Wates. Tampak seorang pekerja yang tengah serius menjalankan tugasnya sebagai Tenaga Kontrak kebersihan di sepanjang jalan propinsi menggunakan alat potong rumput gendong.
Terlihat biasa, namun atas peran tukang potong rumput memberikan danpak yang besat terhadap jalanan agar terlihat indah, bersih dan tertata. 
Tak berapa lama, sang pekerja ini duduk istirahat sambil mengasah mata pisau yang terpasang di ujung tongkat. CND mencoba mendekat dan mengajak berbincang bincang.
Supriyanta (34) nama pekerja kontrak ini. Warga Kecamatan Sentolo, berputra satu. Perbincangan berlanjut, Supriyanta menyebutkan dirinya sudah 3 tahun menjadi pekerja kebersihan ini.  
” Kita berada di CV rekanan dengan PU Propinsi untuk perawatan sepanjang jalan provinsi” ujar Supriyanta.
Sistim pembayaran upah nya di lakukan seminggu sekali, dengan hitungan perhari dengan hari kerja senin sampai sabtu. 
“Kecil, tapi cukup untuk bertahan hidup ,kalau untuk beli ini itu,wah ‘mboten cekap,” kata Supriyanta. 
Supriyanta bekerja setiap hari dari pukul 08-16. Pengarah pekerjaaan dilakukan oleh Mandor yang menentukan di mana saja yang perlu dikerjakan
Semua perlengkapan pekerjaan, seperti alat dan bahan bakar mesin, menjadi tangung jawab Cv rekanan PU.
Dia menceritakan tentang suka duka menjadi pemotong rumput. Sukanya kalau baru saja kerja, paling beberapa jam, terus turun hujan sampai sore. Itu kita kerja di hitung sehari.
“Susahnya ya apa ya, bayaranya kecil, panas berdebu, belum lagi, posisi di pinggir jalan besar rawan di srempet,” ungkap Supriyanta.
Saat di tanya berpuasa tidak saat bekerja di bulan puasa,dan apakah ada THR dia menjawab, kadang puasa, kadang juga tidak. Niat ada tapi kalau cuaca Panas seperti ini, sering tidak puasa. 
“Ya tidak makan, cuma minum saja, sedangkan THR hanya bingkisan.” kata Supriyanta .
Supriyanta, protet kehidupan yang terjadi disekitar kita. Dengan penghasilan seadanya yang mungkin kurang menurut kita, tapi mungkin lebih untuk orang lain. Dan bila mempunyai kelebihan, marilah berbagi, masih ada sudara kita yang lain lebih membutuhkan.

——————————————————-
JUMAT, 03 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...