Tidak Kunjung Turun Hujan, BPBD-PK Ingatkan Bahaya Kebakaran

Kebakaran beberapa waktu lalu di Padang
CENDANANEWS (Padang) – Sudah tiga pekan lebih beberapa daerah di Sumatera Barat (Sumbar) terkhusus di Kota Padang tidak turun hujan. Ini meningkatkan bahaya kebakaran, menyusul meningkatnya suhu yang rata-rata 31 derjat celcius setiap harinya.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) mengimbau masyarakat untuk waspada agar tidak lengah terhadap sumber- sumber api serta berbagai kemungkinan pemicu kebakaran. Apalagi dengan kekeringan, bangunan akan lebih rawan terbakar.
“Dari informasi yang kita terima, para ahli memprediksi, fenomena alam ini masih akan berlangsung hingga Agustus mendatang. Kita minta warga agar meningkatkan kewaspadaan, karena kondisi lingkungan yang relatif kering menjadi rawan terbakar,” ujar Dedi Henidal, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD-PK Kota Padang yang dihubungi cendananews pada Minggu (5/7/2015) pagi.
Dedi, megimbau warga Kota Padang untuk tidak membakar sampah sembarangan, membuang puntung rokok yang masih menyala, dan memastikan sumber – sumber api seperti kompor gas, listrik dan peralatannya yang masih menyala agar dipadamkan terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah.
Selain itu, dia juga mengajak para orang tua untuk memantau permainan anak-anak mereka selama bulan Ramadhan. Apalagi dengan maraknya penjualan kembang api.
”Untuk anak-anak kita agar diingatkan, kalau main petasan, kembang api dan sejenisnya juga sudah dilarang. Karena dua benda tersebut sudah banyak sekali menyebabkan kebakaran,” lanjutnya.

——————————————————-
MINGGU, 05 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad?
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad?
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...