Tim Kelayakan Makanan Balikpapan Pantau Supermarket dan Grosir

CENDANANEWS (Balikpapan) – Tim Kelayakan makanan dan minuman temukan dua item barang tidak layak edar di salah satu supermarket di Balikpapan dari hasil sidak yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), BP POM Samarinda dan DKK Balikpapan. 
Kepala BP PoM Samarinda Fanani menjelaskan dua jenis makanan tanpa izin edar ini langsung dimusnahkan saat sidak berlangsung. Karena sesuai dengan SOP nya jika jumlah sedikit pemiliknya diminta langsung memusnahkan dan disaksikan petugas. 
“Dari sidak kita langsung dilapangan tadi menemukan dua item tanpa izin edarnya dan jumlah sedikit. Ini langsung dimusnahkan,” ungkapnya disela-sela sidak berlangsung, Kamis (9/7/2015).
Adapun dua jenis yang dimusnahkan itu yakni biskuit dan ikan tuna siap saji. “Namun secara umum dari sidak ini semua produk bagus baik kemasannya,” katanya. 
Kemudian beralih ke Supermarket lainnya, pihaknya juga menyarankan kepada supermarket untuk memberikan logo supermarket berasal, sehingga jika ditemukan sesuatu konsumen dapat mudah complain. 
“Walaupun semua barang itu datangnya dari Jakarta. Kita sarankan gitu.kalau temuan disini belum ada,” ujar Fanani.
Menanggapi itu dikesempatan yang sama, Customer Development Manager Lotte Mart Made Sidisasatra mengaku akan menindaklanjuti dan mencantum nama lotte mart di parcel yang dikemas dalam bentuk bermacam-macam.
“Kami sangat berterimakasih atas saran ini. Kami akan pasang indentitas lotte di parcel. Memang selama ini belum pernah kita lakukan karena barang dari Pusat di Jakarta. Tentu kami akan lakukan perbaikan demi konsumen,” papar Made.
Dikesempatan yang sama Kepala DKK Balerina menambahkan tim ini menindaklanjuti hasil surat edaran DKK dan Disperindagkop kepada seluruh supermarket, grosir untuk memperhatikan persoalan kadaluarsa, ijin edar/label.
Tim ini akan kembali memantau besok (Jumat) bersama tim lainnya agar pemilik supermarket dan pertokoan untuk lebih memperhatikan persoalan kadaluarsa dan izin edarnya. 
——————————————————-
KAMIS, 09 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...