Warga Hative Kecil Ambon Masih Hadapi Masalah Air dan Listrik

RT 006/RW 06 Kompleks Pinang Putih Atas [Foto: Samad Vanath Sallatalohy]
AMBON — Lebih kurang 70 kepala keluarga di RT 006/RW 06 Kompleks Pinang Putih Atas, Desa Hative Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku hingga kini belum menikmati air bersih. Padahal Desa tersebut berada di pusat Kota.
“Untuk mendapatkan air bersih, warga setempat harus membeli melalui mobil PDAM,”kata Sekretaris RT006/RW 06 Desa Hative Kecil, Hamid Toisuta saat ditemui Cendana News di rumahnya, Kamis (30/7/2015). 
Disebutkan, Pihaknya sudah berulangkali melaporkan hal tersebut ke Desa induk dan instansi terkait, namun hingga saat ini belum juga ada tindaklanjutnya. Padahal untuk mendapatkan air harus dibeli, dan tidak semua penghuni komplek yang memiliki biaya untuk terus menerus membeli air.
“Tidak semua warga yang tinggal disini semuanya orang bergaji. Rata-rata pekerja keras. Jadi kami minta pemerintah bisa memasukan air bersih di RT 006/RW 06 Pinang Putih Atas Desa Hative Kecil ini,” harapnya.
Menurut Hamid, karena belum ada air bersih dari PDAM yang masuk, sehingga ia bersama 70 Kepala Keluarga harus irit dalam menggunakan air.
“Satu tengki kita pakai kalau irit bisa sebulan. Kalau boros tidak cukup sebulan, kami beli lagi,” bebernya.
Bagi mereka yang hidup kurang, harus pergi mengambil air bersih di sumur yang berada di kampung tetangga.
Selain air bersih, warga juga menghadapi masalah lain, yakni pasokan listrik. Dikatakan, saat ini pihak PLN Cabang Ambon hanya punya dua tiang listrik di kampung RT006/RW06 Pinang Putih dengan daya tidak sampai 200 Volt. Kondisi tersebut sering menyebabkan daya listrik turun sehingga di kawasan tersebut sering padam.
“Rata-rata warga disini pakai listrik prabayar. Jadi kami minta ada perhatian serius dari pihak PLN Cabang Ambon segera melihat masalah ini,” tegasnya.
Hal ini juga telah dibicarakan bersama dengan Pemerintah Negeri Hative Kecil sekaligus mengusulkan masalah ini ke Kecamatan Sirimau juga Pemkot Ambon.
“Tapi sampai sekarang, belum ada pihak yang bisa bertanggungjawab dengan masalah kami di RT 006/RW06 Pinang Putih atas ini,” pungkasnya. (Samad Vanath Sallatalohy)


Lihat juga...