Waspadai Titik Rawan Longsor Jalur Mudik Sumbar – Sungai Penuh

Ilustrasi Longsor
CENDANANEWS (Padang) – Jalur mudik Sematra Barat – Sungai Penuh Jambi yang melewati jalur Pesisir Selatan perlu diwaspadai oleh pengendara bermotor jika saat hujan, karena rawan longsor.
“Kita himbau agar dapat menghentikan sementara perjalanannya jika hari hujan di tempat-tempat yang lebih aman, karena dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan jika diteruskan,” ujar Bupati Pessel, Nasrul Abit.
Ia menjelaskan, jarak tempuh dari Painan (Ibu Kabupaten Pessel) dengan Sungai Penuh Provinsi Jambi cukup jauh, dengan lima sampai enam jam jarak tempuh jika menggunakan kendaraan roda dua pada kondisi cuaca baik atau musim kemarau.
Hal yang berbeda akan didapati kala musim hujan.  Waktu tempuh bisa molor hingga 24 jam lebih. Karena ancaman bahaya longsor disetiap kiri-kanan jalannya yang bertebing terjal. Hal ini diakibatkan Infrastruktur jalan menuju dua daerah itu terdapat aspal beton, namun belum keseluruhan atau hanya sebagiannya saja.
“Selain itu, jika datang hujan, jalur tersebut sangat rawanpohon tumbang,”katanya. 
Dari informasi yang dikumpulkan cendananews,  jalan-jalan yang memiliki risiko berat untuk dilalui pengendara kendaraan di jalur itu terdapat sepanjang  60 kilometer. Selain rawan longsor, kondisi jalan tersebut juga sangat memprihatinkan karena sempit dan terdapat banyak lobang besar.
“Disana juga terdapat banyak tikungan tajam, tanjakan dan turunan. Maka itu kita ingatkan para pemudik dan balik lebaran nanti agar berhati hati, apalagi saat hujan, pengemudi diminta untuk dapat mengatur kecepatan kendaraannya, ” pungkas Nasrul.
——————————————————-
SENIN, 13 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Istimewa?
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...