Wisatawan Bencana, Sulitkan Petugas Padamkan Api

CENDANANEWS (Padang) – Kebakaran yang menghanguskan lebih dari 200 toko dan kios di Pasar Lubuk Buaya Kota Padang, susah untuk dipadamkan. Hal ini bukan karena kelalain petugas, melainkan berhamburannya para “wisatawan bencana” yakni masyarakat sekitar yang tidak membantu tapi malah mengganggu.
Dari pantauan cendananews dilokasi kejadian, warga yang berdatangan bukanlah para pedagang yang barang-barangnya hangus. Melainkan segrombolan warga yang hanya mengambil foto dan memvideokan kejadian. Hal ini sangat mengganggu petugas, karena kenakalan warga yang tidak mau diarahkan.
“Kesulitannya karena masyarakat selalu mendekat dan merokok lagi, mereka menghambat. setiap dilarang, mereka masih saja mendekat. dihambat di sini meluncur disana,” gerutu Kepala BPBD PK (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran) Kota Padang Dedi Henidal pada wartawan di lokasi kejadian, Rabu (15/7/2015) malam.
Dedi sangat menyangkan perilaku warga yang membuat petugas kesusahan untuk menjangkau lokasi. Selang yang terinjak, hingga mereka yang menghalangi  jalan masuknya mobil pemadam kebakaran jadi soal rumitnya pemadam di malam H-1 lebaran itu.
“Ini juga masalah kita, banyak selang kita juga yang terbakar. tak sempat lagi menarik, air habis kita menariknya tidak bisa karena dihambat masyarakat. kita akan membuat (Kejadian Wisatawan bencana) dalam laporannya,” pungkas Dedi.
——————————————————-
KAMIS, 16 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...