?10 dari 257 Jamaah Haji asal Bukittinggi Terancam tidak Berangkat

BUKITINGGI — Sebanyak 257 jemaah calon haji (JCH) Kota Bukittinggi dilepas keberangkatannya oleh Pejabat Wali Kota Bukittinggi Abdul Gafar, Senin (24/8/2015) pagi. Jamaah haji itu terdiri dari 94 Laki-laki dan 163 perempuan. Yang tertua, yaitu Bachtiar Ahmad dengan usia 85 tahun serta yang termuda Aisyah umur 18 tahun.
Kepala Kantor Kementerian Agama Bukittinggi, Muhammad Nur mengatakan, jamaah ini akan masuk asrama hari ini dan akan diberangkatkan besok.

“Mudah-mudahan tak ada kendala,” ujarnya.

Kendati terbilang tak ada hambatan dalam pemberangkatan, namun embarkasi memberikan sinyal bahwa ada 10 JCH yang tertunda keberangkatannya akibat pengurusan visa.
“Bagi jemaah yang belum mendapatkan visa, maka keberangkatannya cuma tertunda satu hari. Jika tak berangkat dengan kloter pertama, maka bisa berangkat dengan kloter berikutnya,” jelas Muhammad Nur.
Meski sudah mendapat informasi terkait penundaan keberangkatan 10 Jamaah itu, M.Nur menyangkal mengetahui identitas jemaah tersebut.
“Siapa orangnya tidak jelas, karena tidak boleh diberitahukan kepada jemaah berhubung alasan psikologis Pada pemberangkatan kali ini, menurut M.Nur ada yang istimewa, yakni Jamaah dari BIM langsung diterbangkan menuju Madina. Tidak ke Jeddah seperti sebelumnya,” pungkasnya.

SENIN, 24 Agustus 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...