?Rumah Gadang Baanjuang Khas Batipuh Tanah Datar

rumah gadang batipuah

TANAH DATAR –– Rumah Gadang Minangkabau, sebuah rumah adat dari suku bangsa yang hidup di daerah Bukit Barisan. Sebagaimana halnya rumah di daerah khatulistiwa, rumah gadang dibangun di atas tiang (panggung), mempunyai kolong yang tinggi. Atapnya yang lancip merupakan arsitektur yang khas yang membedakannya dengan bangunan suku bangsa lain di daerah garis katulistiwa itu.
Di Minangkabau, Rumah Gadang terdapat beberapa jenis, salah satunya Rumah Gadang Baanjuang. Untuk di Sumatera Barat, rumah baanjuang dapat di temui di Jorong Nagari, Kanagarian Sumpu, Kecamatan Batipuah Selatan, Tanah Datar. Disini terdapat deretan Rumah Gadang cantik dan menawan berbaris menyambut pengunjung. Suasana di sini amatlah hening, hembusan angin dari Danau Singkarak kian menambah sepi suasana.
Tercatat, ada sekitar 20 buah Rumah Gadang disini, baik dengan kondisi terawat, berpenghuni maupun tidak. Bagi Rumah Gadang yang tidak terawat, tentu membutuhkan biaya yang amat besar demi mengkonversinya.
Barisan Rumah Gadang yang telah berusia ratusan tahun ini, beberapa ada dengan kondisi amat baik. Karena itu, tak jarang banyak turis lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung ke tempat tersembunyi ini.
”Banyak sekali orang yang tertarik utuk melirik kebesaran rumah-rumah ini,” ujar salah seorang pemilik rumah, Datuak Basa kepada Cendana News, Rabu (05/08/2015).
Umumnya, Rumah Gadang di Ranah Minang mempunyai Gonjong (atap melengkung) sebanyak empat buah. Namun di Sumpu, Rumah Gadang ini punya enam gonjong, karena itu disebut dengan Rumah Gadang Baanjuang.
Pada bulan Mei tahun 2013, koleksi Rumah Baanjuang di Batipuah ini, terbakar. Sehingga menghanguskan lima buah rumah raksasa ini. Namun atas kerja sama dengan beberapa pihak, beberapa rumah itu sudah berhasil dibangun dengan megah. Meski demikian, hal ini tidak mengurangi nilai-nilai tersendiri dari tempat ini.
Menjelajahi keeksotisan Nagari Sumpu dengan Rumah Baanjuangnya, memang merupakan sebuah hal yang wajib dicoba bagi mereka yang mengaku mencintai adat istiadat Minangkabau.
Untuk menuju lokasi, sangatlah mudah. Dapat ditempuh dengan perjalananan darat dari arah Padang-Panjang menuju Solok. Sebelum memasuki areal Danau Singkarak, berbeloklah kearah kanan. Hanya sekitar 5 menit, Kita akan disambut dengan pemandanggan yang akan membuat kita terpana.
Tapi karena tidak ada papan petunjuk jalan yang memadai, sebaiknya ketika hampir memasuki areal Danau Singkarak, tanyalah kepada orang-orang sekitar mengenai dimana lokasi Rumah Gadang Baanjuang ini.?

RABU, 05 Agustus 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...